Gandeng Titi Holmgren, DPKKA Beri Mahasiswa Insight Baru Untuk S2 Di Luar Negeri Tuesday, 15 November 2022 06:15

UNAIR NEWS –  Dapat melanjutkan studi ke luar negeri merupakan impian sebagian mahasiswa. Dengan ini, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi  Kewirausahaan, dan  Alumni (DPKKA) UNAIR menggelar webinar bertajuk Studying Master Program in Sweden and Scholarship pada Jumat (11/11/2022). 

Dalam webinar tersebut, DPKKA mengundang narasumber yakni Titi Holmgren. Titi Holmgren merupakan seorang Director of Nordic Student Service. Dalam kesempatan kali ini, Titi membagikan pengalaman nya menempuh studi master di Swedia. 

Sesi pertama Titi menceritakan bahwa pada saat ia melanjutkan studi masternya di Swedia, ia tidak perlu membayar tuition fee karena saat itu pendidikan di Swedia masih gratis. Namun, pada tahun 2012 Swedia mulai menerapkan tuition fee untuk mahasiswa internasional di luar Eropa.

Bersamaan kebijakan penerapan tuition fee, mulai muncul beasiswa untuk mahasiswa internasional di luar Uni Eropa dan beberapa negara termasuk Indonesia. Hal yang mendorong Titi untuk melanjutkan studi masternya ke Swedia karena ia tertarik dengan gender studies dan sangat advance di Skandinavia dan Swedia. 

Lebih lanjut, Titi menjelaskan bahwa mahasiswa di Swedia mayoritas menggunakan sepeda dan transportasi umum. Tak hanya mahasiswa, masyarakat pun menggunakan transportasi umum. 

“Bukan hal yang tidak mungkin, terkadang kalian bertemu dengan pejabat pemerintah saat menggunakan transportasi umum. Biasanya para pejabat pemerintah menggunakan transportasi umum untuk menghadiri rapat atau konferensi di Stockholm. Hal ini sangat berbeda jauh dengan Indonesia,” tambah Titi.

Titi bersama Nordic Student Service siap untuk membantu para mahasiswa yang akan melanjutkan studi di Swedia. Ia bersama tim Nordic Student Service akan memberikan informasi dan bantuan tanpa biaya khusus mahasiswa Indonesia. 

Di akhir, Titi menambahkan bahwa di Swedia tidak ada batasan untuk mahasiswa dapat apply. Ia mengimbau agar mahasiswa tidak putus asa dalam melanjutkan studi di Swedia. Karena dapat reapply hingga tahun berikutnya tanpa ada batasan tertentu. 

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber: https://www.unair.ac.id/gandeng-titi-holmgren-dpkka-beri-mahasiswa-insight-baru-untuk-s2-di-luar-negeri/

Tags :