Tumbuhkan Iklim Wirausaha, UNAIR Gelar Awarding PMW Monday, 28 November 2022 02:26

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) melalui Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, Dan Alumni (DPKKA) menggelar Awarding Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), pada Kamis (24/11/22). Program tersebut bertujuan untuk mendorong minat berwirausaha dikalangan mahasiswa UNAIR.

“Kami di DPKKA mengharapkan adik-adik sustain dalam berwirausaha, semoga semakin banyak wirausaha dari mahasiswa UNAIR,” ucap Direktur DPKKA UNAIR, Prof Dr Elly Munadziroh MS drg.

Lebih lanjut, Prof  Elly menegaskan program ini adalah tahap awal UNAIR dalam mendukung bisnis yang telah dibuat oleh mahasiswa. Ketika bisnis tersebut sudah berkembang, lanjut Prof Elly, maka akan ada dukungan yang lebih besar dari UNAIR, yakni pembinaan dari Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi atau BPRIN.

“Kita ada salurannya, ketika (bisnis red) sudah besar makan akan di inkubasi di BPRIN dan tentunya agar lebih besar lagi,” jelasnya.

Selaras dengan hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Mahasiswa, dan Alumni (AMA), Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA DVM, sangat mendukung adanya program tersebut. Menurutnya, dengan mendorong iklim wirausaha di UNAIR sama halnya dengan membantu Indonesia dalam menghindari resesi global.

“Kita sekarang sedang dibayang-bayangi dengan resesi global, walaupun mungkin Indonesia relatif yang masih bisa bertahan dan bertahannya itu salah satunya adalah dengan banyaknya wirausahawan yang ada,” ucap Prof Bambang dalam sambutannya.

PMW ini, lanjut Prof Bambang, juga mendukung target UNAIR dalam mencetak alumni yang dapat berkarir sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena salah satu IKU atau  Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, lanjut Prof Bambang, adalah relevansi lulusan dengan permintaan pasar tenaga kerja.

“Bisa terserap pasar tenaga kerja, artinya bukan hanya terserap sebagai tenaga kerja, tapi bagaimana mereka juga menangkap peluang-peluang yang  dapat direfleksikan dengan wirausaha itu,” ucap guru besar kedokteran hewan itu.

Prof Bambang juga berharap kedepannya program PMW ini dapat dikonversi 20 SKS sebagaimana program kampus merdeka. Pihaknya pun akan segera berkoordinasi dengan para wakil dekan I. Karena menurutnya, hal itu termasuk usaha UNAIR meningkatkan daya saing bagi para mahasiswanya.

“Harusnya program kewirausahaan ini paling tidak bisa dikonversikan dengan tugas akhir atau sesuai dengan pelajaran prodi masing-masing, kalau menurut saya itu nanti bisa di rundingkan dengan wakil dekan satu,” pungkasnya.

Penulis: Haryansyah Setiawan

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/tumbuhkan-iklim-wirausaha-unair-gelar-awarding-pmw/

Tags :