Alumni UNAIR Ulas Pondasi Ketika Membangun Bisnis di AKSIPRENEUR 2.0 Wednesday, 30 November 2022 00:48

UNAIR NEWS –  Saat ini berbisnis dan menjadi pengusaha merupakan tujuan karir banyak orang. Terdapat aspek penting yang perlu diketahui ketika memulai bisnis. Selaras dengan hal tersebut, HIMA Akuntansi UNAIR menggelar Talkshow AKSIPRENEUR 2.0 dengan tajuk “Shaping Strategies Out of Impossibilities” pada Jumat (25/11/2022) melalui zoom meeting. 

Narasumber dalam talkshow tersebut adalah Erik Marsudi, Alumni  Manajemen Bisnis UNAIR yang sekarang menjadi Founder PAK D GROUP  yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yaitu restoran. Saat ini perusahaan tersebut sudah memiliki 60 outlet  di berbagai daerah di Indonesia.

Erik menuturkan menjadi pengusaha bukan hanya sekedar profesi, melainkan pilihan hidup. “Dengan jadi pengusaha kita bisa punya meaning dan purpose of life, misalnya bisa membuat lapangan pekerjaan dan do something. Jadi niatnya dimulai dari berarti dulu, nanti duit akan nyusul,” tuturnya. 

Dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19, Erik menyampaikan bahwa strategi PAK D GROUP bertahan adalah mengandalkan tuhan untuk mendapatkan pertolongan dan ikhtiar dengan usaha. “Jadi strategi yang biasanya mentok di logika, justru logika manusianya dihilangkan dulu sehingga pertolongan tuhan bisa datang dari manapun,” jelas Erik. 

Dalam ilmu marketing, sambungnya, terdapat tiga proses yang dilakukan supaya produk yang dihasilkan terjual, mulai dari membuat orang-orang tahu, tertarik, hingga kemudian membeli. Langkah yang dapat dilakukan adalah perluas informasi melalui media sosial seperti facebook ads dan instagram ads. 

“Selanjutnya adalah membuat langkah bagaimana setelah orang tahu produk kita mereka tertarik. Hal ini bisa dilakukan dengan promo dan diskon yang menarik,” jelasnya.

Erik menyampaikan lebih lanjut mengenai beberapa hal yang penting dimiliki ketika memulai bisnis yaitu know your why, bangun kebiasaan yang bagus, punya visi yang jelas, punya positioning dan ciri khas, good motivation, spiritual intelligencetime management, never ending innovation, added value, monitor your clashflow, never compromise with your value, dan massive action

“Dalam bisnis biasanya orang hanya akan memperhatikan yang terbaik, yang termurah. Kalo ngga bisa jadi yang terbaik dan termurah jadilah yang kreatif dan berbeda untuk menjadi pusat perhatian,” tutup Erik. 

Penulis: Mentari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/alumni-unair-ulas-pondasi-ketika-membangun-bisnis-di-aksipreneur-2-0/

Tags :