IKA UNAIR Gresik Siap Gelar Operasi Katarak Gratis pada 2023 Tuesday, 06 December 2022 04:39

UNAIR NEWS – Katarak merupakan salah satu kelainan pada mata yang menyebabkan terjadinya kekeruhan pada lensa mata. Hal ini mengakibatkan penderitanya kesulitan untuk melihat. Operasi dapat menjadi salah satu penanganan yang dapat dilakukan sebagai metode pengobatan.

Wilayah Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau menjadi tantangan dalam pemerataan fasilitas kesehatan. Menanggapi tantangan tersebut Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR) siap menggelar operasi katarak gratis pada 2023 di Pulau Bawean. Sebelum menggelar operasi katarak, pemeriksaan awal dilakukan kepada penderita katarak.

Pulau Bawean dipilih karena masyarakat pulau tersebut kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan utamanya pada kesehatan mata. “Pulau Bawean ini bagian dari Gresik yang letaknya ada di tengah Samudra. Akses menuju layanan kesehatan mata sangat terbatas, padahal jumlah penduduk Bawean cukup besar,” ungkap Dr Lestari Sudaryanti dr MKes yang merupakan perwakilan IKA UNAIR Gresik.

Pemeriksaan mata dilakukan pada 26 hingga 30 November 2022. “Pemeriksaan ini merupakan pendahuluan sebelum pelaksanaan operasi katarak gratis di Pulau Bawean yang akan dilaksanakan Januari 2023,” terang Lestari.

IKA UNAIR Gresik turut berkolaborasi dengan Klinik Mata Utama dalam pelaksanaan acara ini. Sebanyak 500 sasaran menjadi target untuk memberikan pelayanan berupa operasi katarak gratis pada 2023 nanti. Tidak ada kriteria khusus bagi masyarakat Pulau Bawean yang ingin mendapatkan pelayanan ini.

“Semua masyarakat baik mampu atau tidak yang membutuhkan pemeriksaan mata maupun operasi katarak, mulai usia anak hingga lanjut usia,” jelas Lestari.

“Kegiatan ini akan terus berlangsung secara berkala selama 2023 sehingga pelayanan operasi katarak gratis yang diberikan tidak hanya awal atau tengah tahun tapi akhir tahun juga,” imbuhnya.

Antusiasme masyarakat sangat besar mengingat acara ini telah ditunggu sejak lama oleh masyarakat Pulau Bawean. Tidak hanya operasi saja, pemberian kacamata gratis juga dilakukan untuk membantu masyarakat Pulau Bawean melihat dunia dengan lebih jelas lagi.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapat derajat kesehatan mata yang terbaik. Bagi anak-anak yang diperiksa matanya jika butuh tambahan kacamata gratis, maka kami sediakan. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki penglihatan anak-anak di Pulau Bawean sehingga dapat mencapai prestasi terbaik,” tutupnya. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: http://unair.ac.id/ika-unair-gresik-siap-gelar-operasi-katarak-gratis-pada-2023/

Tags :