Gagas ELT-JABRIK, Mahasiswa UNAIR Raih Juara 1 Simposium Nasional 2022 Wednesday, 14 December 2022 02:33

UNAIR NEWS – Berbagai inovasi tak henti-hentinya diciptakan oleh civitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR).  Kali ini mahasiswa UNAIR yang terdiri dari Rafles Berlando Sihombing, Febi Eka Sulistyani, Abdul Rohman, Anggita Dwi Sulistiani, dan  Tsabita Arinal Haq  berhasil menggagas ELT-JABRIK untuk Optimalisasi Jalan Tol Menjadi tenaga Listrik.  Gagasan tersebut sukses meraih juara 1 dalam Lomba Simposium Nasional BPSDM Makassar 2022

“Kelompok kami menggagas suatu inovasi dengan sub tema energi baru terbarukan yang berjudul Optimalisasi Jalan Beton Melalui Inovasi ELT-JABRIK Berbasis Piezoelektrik-Termoelektrik dalam Mendukung Green Energy,” ucap salah satu anggota tim, Tsabita, pada Sabtu (10/12/2022).

ELT-JABRIK, lanjut Tsabita, merupakan sebuah alat yang memanfaatkan teknologi termoelektrik dan piezoelektrik untuk mengubah energi panas matahari dan energi mekanik menjadi energi listrik. Energi tersebut, sambungannya, berasal dari jalan tol berbahan beton cor yang dilewati kendaraan.

“Energi listrik yang dihasilkan akan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia, khususnya daerah-daerah terpencil,” imbuhnya.

Lebih lanjut, gagasan itu tercipta karena kesadaran diri dan kelompoknya akan konsumsi energi listrik di Indonesia yang sangat besar, angkanya mencapai 1.109 KWh per kapita pada tahun 2021. Di samping itu, potensi sumber energi baru terbarukan Indonesia seperti matahari juga sangat besar, mencapai 3000GW. Namun, ucap Tsabita, hal tersebut belum dioptimalkan secara maksimal. 

“Kami membuat Inovasi ELT-JABRIK sebagai upaya untuk turut serta mewujudkan tujuan ke-7 SDGs yaitu Affordable and Clean Energy,” jelasnya.

Sebuah kebanggan, ucap Tsabita, dapat mengikuti dan memenangkan lomba. Ia pun berharap kedepannya dapat terus berinovasi dan berkompetisi baik di ranah nasional maupun internasional demi mengharumkan nama UNAIR.

“Dengan hasil yang diperoleh, tentunya hal tersebut tidak serta merta membuat kami puas. Masih banyak yang perlu diperbaiki. Kami ingin mengikuti perlombaan lagi di tingkat nasional bahkan internasional dan semoga dapat terus menyumbangkan prestasi untuk almamater tercinta,” imbuhnya.

Penulis: Haryansyah Setiawan

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: http://unair.ac.id/gagas-elt-jabrik-mahasiswa-unair-raih-juara-1-simposium-nasional-2022/

Tags :