UNAIR Kembali Raih Kategori “Informatif” Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Friday, 16 December 2022 07:08

UNAIR NEWS – Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan kepada Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai Badan Publik Informatif Kategori Perguruan Tinggi Negeri. UNAIR berhasil mempertahankan penghargaan pada kategori Informatif yang juga diperoleh pada tahun 2021 lalu. Dalam penghargaan kali ini, UNAIR berhasil memperoleh skor sebesar 94,68.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Pusat RI Syawaludin kepada Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak. Acara berlangsung pada Rabu (14/12/2022) di Hotel Atria Serpong, Tangerang, Banten.

Koordinator Pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNAIR yang juga Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) Martha Kurnia Kusumawardani dr. Sp.KFR-K mengungkapkan rasa bangganya atas pemberian penghargaan ini. Seperti dalam penuturannya, di tahun 2022 UNAIR kembali meraih predikat Informatif.

Alhamdulillah, selama dua tahun berturut-turut UNAIR meraih predikat ini,” ucap Martha.

Martha mengatakan, penilaian tahun 2022 ini cukup berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Perbedaan itu mulai dari perubahan persentase penilaian, jumlah indikator yang dinilai, dan juga adanya visitasi.

Pada tahun sebelumnya, lanjut Martha, persentase antara nilai pengisian borang dengan nilai presentasi atau uji publik adalah 80 persen dibanding 20 persen. Tahun ini menjadi 85 persen untuk penilaian borang dan 15 persen untuk penilaian presentasi badan publik.

Jumlah indikator dalam borang yang dinilai juga bertambah signifikan. Martha mengatakan, tahun lalu indikator dalam borang berada di kisaran puluhan item, sementara tahun ini mencapai lebih dari 100 item. Selain itu, indikator penilaian juga lebih detil.

“Selanjutnya, predikat ini akan menjadi semangat bagi kami agar terus dapat memberikan dampak dan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat terkait keterbukaan informasi publik,” ucap Ketua PKIP UNAIR yang juga dokter di RSUD Dr Soetomo itu.

Sebagai informasi, UNAIR mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik Informatif Kategori Perguruan Tinggi Negeri bersama 24 perguruan tinggi negeri lainnya. Selain itu, terdapat 124 perguruan tinggi lain yang mendapatkan predikat Menuju Informatif, Cukup Informatif, dan Kurang Informatif.

Selain perguruan tinggi, badan publik lain yang memperoleh penghargaan yaitu Badan Usaha Milik Negara, Lembaga Non Struktural, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, Kementerian, dan Partai Politik. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Sumber: https://unair.ac.id/unair-kembali-raih-kategori-informatif-anugerah-keterbukaan-informasi-publik/

Tags :