Gubernur Khofifah Ajak Alumni UNAIR Berkarakter “IKI” Monday, 19 December 2022 07:56

UNAIR NEWS – Ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR), Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh alumni UNAIR bahu membahu dan bergandengan tangan untuk terus memberikan sumbangsih terbaiknya bagi Indonesia. Menurutnya, tantangan dimasa depan akan bisa dihadapi apabila seluruh alumni mampu saling mengisi satu sama lain.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Reuni Akbar 50 Tahun IKA UNAIR pada sabtu (17/12) malam di Airlangga Convention Centre (ACC). Dalam kegiatannya, hadir pula Rektor Universitas Airlangga, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak. Selain itu, tersaji pula pasar rakyat yang diisi oleh seluruh perwakilan cabang IKA UNAIR seluruh Indonesia.

“IKA UNAIR dapat menjadi hubungan strategis dalam jalur relasional kerja sama dunia pendidikan dan riset, pemerintah, dunia kerja, media massa, dan sektor-sektor strategis,” ujarnya.

Dihadapan para alumni, Khofifah pun menekankan pentingnya membangun sebuah karakter. Baginya, karakter baik membutuhkan waktu tersendiri untuk membangunnya. Namun, ketika hal tersebut sudah terbangun, ia akan dengan sendirinya muncul tanpa harus dipantik. Ia menekankan untuk memiliki karakter “IKI”.

“Untuk menjawab tantangan masa depan ‘IKI’ jawabane, inisiatif, kolaborasi, dan inovasi,” pungkasnya.

Ia berbangga bahwa karakter tersebut sudah mengakar di dalam organisasi IKA UNAIR. Gubernur Jawa Timur tersebut melihat, banyak hal-hal positif yang telah dilakukan oleh IKA UNAIR dan dampaknya sangat nyata di tengah masyarakat Indonesia, salah satunya ketika Pandemi Covid-19.

“Di tempat ini (Airlangga Convention Center) beberapa kali telah dilakukan vaksinasi oleh IKA UNAIR dengan berkolaborasi dengan Pemprov Jatim, di sejumlah tempat di beberapa kota juga telah dilakukan IKA Unair untuk percepatan vaksinasi Covid-19,” ujar mantan Menteri Sosial tersebut.

Selain itu, dalam rangkaian Dies Natalis ke 50 ini, sebagai tahun emas, banyak agenda kegiatan yang dilakukan. Dari pengabdian masyarakat hingga kegiatan lainnya. Ia berharap, sebagai lulusan dari salah satu Universitas Terbaik di Indonesia. Kontribusi IKA UNAIR bukan hanya untuk alumni semata namun untuk Indonesia.

“Alumni UNAIR tidak meninggalkan atau mau mendampingi para alumni lainnya untuk maju dan berjalan setara bagi yang lain,” tegasnya.

Penulis: Afrizal Naufal Ghani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://unair.ac.id/gubernur-khofifah-ajak-alumni-unair-berkarakter-iki/

Tags :