Kolaborasi FKM UNAIR – Dispendukcapil Surabaya Ajak Mahasiswa Berinovasi di Bidang Digital Wednesday, 21 December 2022 05:38

UNAIR NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya menggelar kuliah tamu dengan tema Inovasi Tata Kelola Kependudukan di Kota Surabaya. Dalam acara yang diselenggarakan pada Jumat (16/12/2022) secara online tersebut hadir sebagai narasumber utama Agus Imam Sonhaji ST MMT Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya.

Pada kuliah tamu itu, dibahas soal inovasi yang sudah dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Surabaya. Dispendukcapil berfungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang memberikan dan mengelola pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Sebab pada dasarnya, layanan publik saat ini juga harus meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih dijangkau oleh masyarakat.

“Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat di setiap tahunnya mempengaruhi tingginya permintaan pelayanan administrasi kependudukan,” jelas Agus.

Berbagai Inovasi

Adapun beberapa inovasi yang sudah dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Surabaya yang sudah masuk di ranah digital dan memudahkan masyarakat untuk mengakses antara lain sebagai berikut,

  1. Klampid New Generation

Aplikasi untuk membantu pengurusan administrasi kependudukan secara online, mencakup perkawinan, kelahiran, kematian, pindah, dan datang. Aplikasi ini memiliki fitur chatbot lengkap dengan tokoh virtual di dalamnya yang disebut Cak Takon. Fitur chatbot tersebut bertujuan untuk memandu pengguna aplikasi ketika membutuhkan bantuan.

  1. Takon Klampid

Aplikasi yang digunakan untuk mengetahui status dari dokumen yang sedang diajukan oleh pemohon sekaligus informasi tentang pengurusan kependudukan. Jadi warga yang telah melakukan pengajuan melalui aplikasi Klampid New Generation bisa memantau status permohonan mereka.

  1. Jempol Sekti

Kepanjangan dari Jemput Pelayanan Online By Sistem Elektronik Kependudukan Terintegrasi. Merupakan inovasi pelayanan dari Dispendukcapil Kota Surabaya untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat dengan melakukan pelayanan di rumah warga, balai RT, balai RW, kelurahan dan lokasi strategis lainnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kota Surabaya dengan mengakselerasikan unsur kependudukan dengan digital agar lebih menjangkau secara luas. Kami juga berharap para mahasiswa pada generasi selanjutnya bisa menghadirkan inovasi yang efektif dan efisien khususnya bagi layanan kependudukan di masyarakat,” jelas Agus. (*)

Penulis : Satriyani Dewi Astuti

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: https://unair.ac.id/kolaborasi-fkm-unair-dispendukcapil-surabaya-ajak-mahasiswa-berinovasi-di-bidang-digital/

Tags :