Jalan Karier Maria Kristi, Alumnus FH yang Kini Jadi Dirjen Perhubungan Udara RI Friday, 23 December 2022 06:36

UNAIR NEWS – Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) hingga saat ini telah mencetak banyak alumnus berprestasi. Salah seorang di antaranya adalah alumnus FH UNAIR angkatan 1984, yakni Maria Kristi Endah Murni SH MH. Ia kini menjabat sebagai Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Udara di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). 

Perjalanan Karier

Melalui wawancara dengan UNAIR NEWS pada Rabu (21/12/2022), Kristi menceritakan perjalanan kariernya hingga menjadi Dirjen Perhubungan Udara. Ia memulai karir pada 1994, saat masih menjadi pegawai di Direktur Angkutan Udara. 

“Saat itu pekerjaan saya adalah memproses izin terbang, khususnya untuk penerbangan luar negeri. Kemudian, saya dipromosikan sebagai Kepala Seksi Penerbangan Luar Negeri Direktur Angkutan Udara setelah 15 tahun bekerja,” tutur Kristi. 

Namun, sambungnya, tak lama kemudian Kristi mengemban amanah menjadi Kepala Seksi Kerja Sama Bilateral dan Perusahaan Angkutan Udara. Tanggung jawab pekerjaannya pada saat itu, yaitu menangani urusan kerja sama hubungan udara, baik untuk inisiasi maupun review perjanjian bilateral Indonesia dengan negara mitra lainnya. 

“Tahun 2014 baru saya dipromosikan menjadi Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Kerja Sama Angkutan Udara, Direktur Angkutan Udara. Tanggung jawab pekerjaan juga semakin banyak karena harus mengurus kerja sama multilateral dan regional di lingkup ASEAN,” jelasnya. 

Selama menjabat sebagai Kasubdit Angkutan Udara, Kristi mulai berperan sebagai negosiator mendampingi Direktur Angkutan Udara. Dalam beberapa forum, instansinya memberikan kepercayaan kepada Kristi untuk menjadi ketua delegasi dalam perundingan hubungan udara.  

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Kasubdit pada 2017, Kristi akhirnya dipromosikan sebagai Direktur Angkutan Udara. Tugasnya adalah menangani kebijakan tarif, angkutan perintis, dan konektivitas angkutan udara, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

“Tahun 2022 kemudian saya menjadi staf ahli Menteri Perhubungan bidang Keselamatan dan Konektivitas, lalu pada 14 Desember 2022 diberikan amanah menjadi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” ujarnya. 

Tertarik pada Hukum Internasional

Kristi mengatakan ketertarikannya pada bidang hukum internasional-lah yang membawanya hingga dapat berkarier menjadi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dinamika hukum internasional yang ia pelajari, ucapnya, membuatnya ingin mendalami lebih jauh tentang hubungan antarnegara. 

“Hukum internasional merupakan sebuah konsep yang mengatur hubungan antarnegara, organisasi internasional, individu, dan aktor lain dalam politik dunia. Sehingga sesuai dengan tugas dan fungsi di Direktur Angkutan Udara yang harus melakukan diplomasi ke negara-negara lain yang nantinya menjadi destinasi dari penerbangan internasional dari Indonesia serta pembukaan jalur penerbangan internasional yang baru,” terangnya. 

Dalam hukum internasional, ungkap Kristi, setiap negara memiliki kepentingan dan melalui hukum internasional menjadikan kepentingan tersebut sebagai kepentingan bersama. Hal itulah yang ia pelajari selama berkuliah yang membantunya mampu mencapai sampai ke titik ini. 

“Sejak menjadi Kasubdit Kerja Sama Angkutan Udara, saya sering membantu Direktur Angkutan Udara untuk bernegosiasi dengan negara mitra terkait hak angkut yang sangat berhubungan dengan hukum internasional,” tukasnya. (*) 

Penulis: Dewi Yugi Arti 

Editor: Feri Fenoria 

Sumber: https://unair.ac.id/konsep-otomatisjalan-karier-maria-kristi-alumnus-fh-yang-kini-jadi-dirjen-perhubungan-udara-ri/

Tags :