Canangkan Inovasi Edible Coating, Mahasiswa UNAIR Sabet Juara 3 ECOFEST 2022 Tuesday, 27 December 2022 06:08

UNAIR NEWS – Bangga, mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) terus menciptakan solusi untuk permasalahan yang terjadi pada masyarakat. Kali ini inovasi dicanangkan oleh Muhammad Firmansyah, Indah Febriani, Niken Agustina, Tsabita Arinal Haq, Devi Ratnasari dan Kholish Hafidlotul Ilmiyah. 

Mereka berhasil menyabet juara 3 dalam kompetisi Business Plan Competition ECOFEST 2022. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta. 

Inovasi itu diawali dari permasalahan makanan yang kerap terbuang sia-sia dan tidak terproses dengan baik di masyarakat. Hal tersebut mendorong Firman dan tim menggagas inovasi edible coating agar makanan dapat bertahan dengan lama. 

“Pencanangan atas solusi food loss ini tentu eco-friendly, karena kita memanfaatkan chitosan kulit udang dan pati kulit singkong,” tambahnya.

Ia berharap bahwa solusi yang mereka canangkan dapat berkolaborasi dengan pihak yang mendukung agar inovasinya tidak berakhir dengan wacana serta dapat menjadi solusi nyata untuk masyarakat sekitar. “Saya berpesan untuk teman teman yang ingin mengikuti lomba business plan, terkadang stuck di ide, kalian harus menggali lagi permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, dan juga dapat melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi),” pungkas Firman.

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber: https://unair.ac.id/canangkan-inovasi-edible-coating-mahasiswa-unair-sabet-juara-3-ecofest-2022/

Tags :