Ciptakan Aplikasi Konco Tani, Mahasiswa SIKIA UNAIR Raih Juara I National Business Plan Competition Thursday, 29 December 2022 05:02

UNAIR NEWS – Tiga Mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) UNAIR Banyuwangi berhasil menyabet juara I lomba business plan tingkat Nasional di ITB Widya Gama Lumajang. Mereka adalah Andre Simanulang, Nafisah Yokachda dan Halim Maulana mahasiswa program studi akuntansi yang berhasil menyabet juara I dengan mengusung gagasan berupa Konco Tani.

Kepada pihak UNAIR NEWS, Halim Maulana selaku ketua tim mengatakan bahwa Konco Tani merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk para petani dalam meningkatkan nilai ekonomis hasil panennya.

“Petani ini menjual hasil produk pertaniannya rendah banget ke tengkulak, dan juga masih banyak petani yang bingung memasarkan produk pertaniannya pasca panen yang membuat distribusi produk pertanian itu tidak merata,” ujar halim melalui keterangan tertulis pada Senin, (27/12/2022).

Aplikasi yang menerapkan management supply chain tersebut bermitra dengan petani dan bekerjasama dengan beberapa restoran, hotel, dan supermarket sebagai konsumen. “Aplikasinya itu hampir mirip kayak e-commerce bedanya si petani ini bukan sebagai penjual tapi kita yang menjual langsung ke konsumen,” jelas Halim.

Sebagai daya tarik konsumen, apilkasi Konco Tani dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung seperti halaman produk, shopping cart, order, dan customer support. Tidak hanya itu, aplikasi Konco Tani juga dilengkapi fitur unggulan berupa market price.

“Fitur unggulannya itu ada halaman market pricenya, jadi bisa diketahui harga pasar dari produk pertaniannya itu berapa di hari ini,” tutur Halim.

Adanya gagasan aplikasi Konco Tani dinilai tidak hanya meningkatkan kesejahteraan petani, namun juga memperluas distribusi hasil pertanian terhadap masyarakat luas.

Senang atas prestasi yang telah diraih, kedepannya Halim berharap aplikasi tersebut dapat direalisasikan dan berkelanjutan agar dapat memberikan dampak positif bagi petani.

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://unair.ac.id/ciptakan-aplikasi-konco-tani-mahasiswa-sikia-unair-raih-juara-i-national-business-plan-competition/

Tags :