Tim Gelatah UNAIR Raih Juara Pertama Business Plan Competition RISE! 4.0 Thursday, 29 December 2022 05:08

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR). Dalam Business Plan Competition RISE! 4.0 yang diselenggarakan oleh PT Gama Inovasi Indonesia, tim Gelatah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR meraih juara pertama.

Business Plan Competition RISE! 4.0 diadakan untuk memfasilitasi ide-ide bisnis yang bisa menjadi solusi permasalahan di masa mendatang. Kompetisi yang dapat diikuti oleh bisnis yang sudah berjalan ataupun belum itu bertemakan Planning Your Business, Planning Our Future.

“Kami memilih subtema sociopreneur dan mengusung produk bernama Gelatah untuk ikut serta dalam kompetisi ini,”  jelas Abdul Rohman selaku ketua tim.

Gel Minyak Jelantah (Gelatah)

Gelatah merupakan produk gel minyak jelantah. Produk ini hadir untuk mewujudkan energi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar sekaligus ramah terhadap lingkungan.

 

Selain itu, Gelatah ini juga dapat dijadikan solusi dari banyaknya minyak jelantah yang dihasilkan di Indonesia setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan jika minyak jelantah dibiarkan begitu saja, tentu akan berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan.

Penilaian Business Plan Competition RISE! 4.0

Abdul menjelaskan bahwa hal utama yang dilakukan timnya untuk kompetisi ini yaitu menyiapkan inovasi baru. Hal ini dikarenakan poin penilaian tersebutlah yang paling utama dari poin penilaiannya lainnya

Selanjutnya, Abdul juga menyampaikan beberapa poin penilaian lainnya seperti problem and solvecreativity and product valuemarket aspectsbusiness implementationbusiness continuity, dan potensi kerja sama kebutuhan bisnis.

Persiapan

Abdul menjelaskan bahwa kesulitan yang dihadapi selama mempersiapkan kompetisi ini yaitu time management. Hal ini dikarenakan waktu persiapan yang sangat singkat dan seluruh anggota tim yang memiliki kesibukannya masing-masing. Oleh karena itu, kerja sama tim yang baik mulai dari administrasi hingga presentasi harus diperhatikan.

“Akan tetapi, kesulitan tersebut bisa kami kalahkan dengan melakukan setiap hal sebaik mungkin dan tetap percaya diri. Kami berusaha memberikan penjelasan terbaik kami,” jelas Abdul

Terakhir, Abdul menyampaikan pesan dalam mengelola sebuah bisnis. “Belajar dari mengelola Gelatah ini, tidak perlu takut. Cukup hadapi, nikmati, dan syukuri. Semua proses dan keputusan yang ada saat ini adalah salah satu pembuka jalan kesuksesan di masa depan,” terangnya. (*)

Penulis : Tristania Faisa Adam

Editor : Binti Q. Masruroh

Sumber : https://unair.ac.id/tim-gelatah-unair-raih-juara-pertama-business-plan-competition-rise-4-0/

Tags :