Inovasi Limbah Ternak Bawa Mahasiswa UNAIR Raih Top 3 di Ajang Internasional Tuesday, 10 January 2023 09:52

 

UNAIR NEWS – Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) kembali torehkan prestasi membanggakan. Ialah Aidatul Fitriyah, mahasiswa bahasa dan sastra Inggris, serta mahasiswa kedokteran hewan, Azhar Burhanuddin yang berhasil sabet gelar top 3 dalam “The Social Entrepreneurship International Challenge” yang merupakan gelaran kolaborasi dari Prokompas, Research Synergy Foundation, serta Macquarie University Australia.

Melalui wawancara dengan pihak UNAIR NEWS pada Jumat (6/1/2023), mahasiswi yang kerap disapa Afriya itu menuturkan bahwa kompetisi yang ia ikuti terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama yakni pengumpulan paper inovasi, dilanjutkan dengan pengumuman 10 finalis, presentasi secara daring, hingga pada tahap akhir yaitu pengumuman.

Lebih lanjut, Afriya mengungkapkan bahwa dalam kompetisi tersebut ia menggagas suatu inovasi bernama FAMOS. Gagasan FAMOS berangkat dari keprihatinannya terhadap pemanasan global yang kian menjadi permasalahan utama dunia global.

FAMOS merupakan komersialisasi gas metana dari daur ulang limbah peternakan menjadi bahan bakar alternatif dengan emisi karbondioksida (CO2) rendah. Kotoran sapi dipilih sebagai bahan karena menjadi salah satu elemen penyumbang gas rumah kaca terbesar, sehingga penggunaan limbah peternakan itu diharapkan mampu mengatasi pemanasan global sekaligus mencapai poin ketujuh dalam SDGs (sustainable development goals).

Mencapai gelar juara bagi Afriya tentu bukan hal yang mudah. Ia mengatakan sempat alami tantangan lantaran waktu pengerjaan karya tulis yang cukup singkat. Di lain sisi, ia juga harus mempersiapkan video presentasi, poster, serta poster eksplanasi.

“Waktu pengerjaannya cukup mepet. Sementara kita juga diharuskan membuat video project presentasi, poster, dan essay explanation poster,” tutur Afriya.

Meski demikian, ia mengaku cukup puas dengan hasil yang ia capai. Mewakili tim, ia berharap inovasinya itu dapat direalisasikan dengan kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah dan investor. Dengan demikian, gagasan yang diusung ini dapat membawa manfaat bagi khalayak. 

“Semoga inovasi yang dijalankan dapat bermanfaat untuk berbagai kalangan masyarakat dan mendapatkan dukungan dari baik dari pemerintah dan investor agar dapat direalisasikan,” harapnya.

Penulis: Yulia Rohmawati

Editor: Khefti Al Mawalia

sumber : https://unair.ac.id/inovasi-limbah-ternak-bawa-mahasiswa-unair-raih-top-3-di-ajang-internasional

Tags :