Mahasiswa Kesmas SIKIA UNAIR Magang MBKM di KKP Kelas II Probolinggo Tuesday, 17 January 2023 08:13

UNAIR NEWS – Mahasiswa kesehatan masyarakat Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) UNAIR peminatan Kesehatan Lingkungan melakukan magang MBKM di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Probolinggo. Magang itu diselenggarakan selama 2,5 bulan sejak 17 Oktober 2022.

Mahasiswa yang melakukan magang tersebut antara lain Syahrul Ramadhan, Zahra Imalia, dan Rochmanita Ilvanadewi. Substansi dari penyelenggaraan magang MBKM di KKP Kelas II Probolinggo tersebut adalah Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL).

Syahrul Ramadhan kepada UNAIR NEWS menuturkan bahwa magang MBKM ini merupakan program yang efektif dalam pengembangan keilmuan dan soft skill mahasiswa sebelum memasuki dunia pekerjaan. Banyak hal yang dilakukan saat magang, di antaranya pemasangan perangkap dan identifikasi tikus, survei jentik nyamuk wilayah buffer dan perimeter pelabuhan, inspeksi sanitasi kapal, serta inspeksi higiene dan sanitasi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

Ada pula inspeksi Sanitasi Tempat-Tempat Umum (STTU), food security, pengambilan sampel air, dan kegiatan persiapan situasi khusus NATARU (Natal dan Tahun Baru) yang terdapat kegiatan fogging dan survei kepadatan lalat

Selain itu, mahasiswa magang MBKM juga mengikuti kegiatan situasi khusus NATARU Natal Tahun 2022 dan tahun baru 2023, di antaranya:

Pemasangan Perangkap Tikus:bertujuan mengetahui kepadatan serta identifikasi terhadap tikus yang ada di pelabuhan ketapang dan pelabuhan tanjung wangi.

Pemeriksaan Sanitasi Kapal:bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi kapal yang akan tersedia selama malam natal dan tahun baru.

Pemeriksaan Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP): bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi tempat-tempat makanan baik di Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Tanjung Wangi dan Bandara Internasional Banyuwangi.

Kegiatan fogging: bertujuan untuk membunuh nyamuk dengan meluas. Kegiatan fogging dilakukan di tiga tempat yaitu pelabuhan ketapang, pelabuhan tanjung wangi dan bandara internasional banyuwangi. Proses fogging menggunakan bahan kimia mustang.

Pemeriksaan Sanitasi TTU : bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi di tempat-tempat umum yang berada di Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Ketapang, dan Bandara Internasional Banyuwangi. (*)

Penulis: Afan Alfayad

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-kesmas-sikia-unair-magang-mbkm-di-kkp-kelas-ii-probolinggo

Tags :