Mahasiswa KKN UNAIR Ikut Tangani PMK di Kediri Monday, 30 January 2023 08:23

UNAIR NEWS – Mahasiswa KKN Universitas Airlangga (UNAIR) ikut tangani Penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kelurahan Kayunan, Kediri. Total ada sepuluh mahasiswa UNAIR yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka menggelar sosialisasi PMK bertajuk “Kesehatan Hewan Ternak, Cegah PMK” pada Kamis (25/1/2023). 

Penanggung Jawab Kegiatan Azzahra Nourish Salsabilla menjelaskan, kasus PMK di Indonesia mengalami penurunan angka positif terjangkit. Namun, hal itu tidak berlaku untuk wilayah Kediri. 

“Kegiatan ini dapat kami gunakan untuk menerapkan berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan selama menjalani pendidikan di bangku perkuliahan,” ungkapnya. 

Sosialisasi tersebut menghadrikan seluruh peternak wilayah Desa Kayunan. Sebagai pemateri adalah mahasiswa Kedokteran Hewan UNAIR Razzaki Mahaprana. 

Dalam materinya, Zaki, sapaanya, menjelaskan bahwa per tahun 2023, tenaga hewan Indonesia telah menyiapkan 3 juta dosis vaksin PMK. Nantinya, seluruh hewan berkuku belah akan memperoleh vaksin tersebut.  

“Kota Kediri sendiri mendapatkan jatah vaksin sebanyak 83 ribu yang akan didistribusikan menyeluruh,” ujarnya. 

Namun, Zaki menambahkan, pesebaran tersebut membutuhkan waktu cukup lama. Mengingat pendistribusian akan dilakukan secara bertahap. 

“Oleh karenanya, pencegahan penularan antar hewan perlu gencar sebelum vaksin siap edar. Hal inilah yang harus menjadi concern para peternak,” imbuhnya. 

Selain itu, Zaki menyebut bahwa peternak harus menyemprotkan disinfektan ketika keluar dan masuk kandang dengan pakaian serta alas kaki. Hal tersebut bertujuan untuk pencegahan lebih lanjut terkait terjangkitnya PMK pada hewan ternak. 

“Memisahkan hewan yang sakit dan hewan sehat serta meningkatkan sanitasi kebersihan merupakan tahapan selanjutnya guna pencegahan PMK,” tambahnya. 

Pada akhir, Salsa selaku penanggung jawab kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan itu mendapat apresiasi penuh dari aparat desa dan masyarakat. Mengingat sosialisasi berpotensi meminimlkan kerugian pada aktivitas ekonomi peternak desa. 

“Terlihat antusias warga sangat tinggi atas program yang kami berikan. Terutama para peternak di wilayah tersebut,” ungkapnya. 

Penulis: Azka Fauziya 

Editor: Feri Fenoria 

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-kkn-unair-ikut-tangani-pmk-di-kediri

Tags :