DPKKA UNAIR Sosialisasikan Kesempatan MSIB di PT Arkatama Multi Solusindo Thursday, 02 February 2023 11:17

UNAIR NEWS – Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan keempat merupakan salah satu program Kampus Merdeka oleh Kemendikbud Ristek RI. Oleh karena itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) melalui Airlangga Career Club mengadakan webinar sosialisasi kesempatan MSIB di PT Arkatama Multi Solusindo.

Webinar yang dilaksanakan pada Selasa (17/1/2023) tersebut bertajuk Percepat Digital Transformation di Indonesia bersama Kaum Milenial. Dalam webinar tersebut, hadir Fauziah SE MM selaku PIC MSIB PT Arkatama Multi Solusindo.

Mengawali webinar, Fauziah menjelaskan bahwa PT Arkatama Multi Solusindo adalah sebuah perusahaan yang memiliki pengalaman dibidang jasa konsultan informasi dan teknologi.

“Kami (PT Arkatama Multi Solusindo, Red) telah memiliki mitra dan klien mulai dari instansi pemerintah hingga perusahaan swasta,” jelasnya.

MSIB Angkatan Keempat

“PT Arkatama Multi Solusindo menjadi mitra untuk MSIB angkatan keempat. Oleh karena itu, dibuka program magang bersertifikat dan studi independen bersertifikat,” terang Fauziah. Seluruh program MSIB di PT Arkatama Multi Solusindo ini berdurasi lima bulan terhitung mulai 16 Februari 2021 hingga 30 Juni 2023.

Fauziah menerangkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam MSIB di  PT Arkatama Multi Solusindo yaitu Project Based Learning. Oleh karena itu, proses seleksi program magang bersertifikat terdiri dari seleksi administrasi, seleksi skill, seleksi wawancara, dan seleksi kebhinekaan. Sedangkan program studi independen bersertifikat terdiri dari seleksi administrasi, seleksi skill, dan seleksi kebhinekaan

Magang Bersertifikat

Posisi yang dibuka untuk program magang bersertifikat di  PT Arkatama Multi Solusindo yaitu Front and Developer sebanyak lima orang, Full Stack Web Developer sebanyak 16 orang, Documentator and Software Tester sebanyak 8 orangdan Digital Marketer sebanyak 20 orangKeseluruhan posisi ini nantinya akan melakukan kegiatan magang luring di kantor PT Arkatama Multi Solusindo selama delapan jam per hari di hari Senin hingga Jumat. 

Aktivitas yang akan dilakukan selama magang yaitu mengerjakan proyek, mendapat bimbingan dari mentor, mendapat materi pengayaan, sharing session setiap dua minggu sekali, dan evaluasi bulanan.

“Tentu dari kegiatan magang tersebut akan ada keuntungan yang didapatkan yaitu sertifikat yang sebanding dengan 20 SKS, biaya hidup, dan kemungkinan karir di  PT Arkatama Multi Solusindo,” terang Fauziah.

Studi Independen Bersertifikat

Terakhir, Fauziah menjelaskan bahwa skema yang dibuka untuk program studi independen bersertifikat yaitu Digital Marketer sebanyak 300 orang dan Full Stack Web Developer sebanyak 200 orang. Masing-masing skema akan melakukan aktivitas berupa live session sebanyak dua kali dalam seminggu, mempelajari modul, menonton video ajar, mengerjakan tugas, mendapatkan bimbingan dari mentor, sharing session setiap dua minggu sekali, dan evaluasi bulanan. (*)

Penulis : Tristania Faisa Adam

Editor : Binti Q Masruroh

Sumber : unair.ac.id/dpkka-unair-sosialisasikan-kesempatan-msib-di-pt-arkatama-multi-solusindo

Tags :