Tim PKL FKM SIKIA UNAIR Gelar Workshop Ibu Hamil di Kelurahan Kertosari, Banyuwangi Friday, 03 February 2023 15:41

UNAIR NEWS – Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, SIKIA UNAIR gelar Workshop Ibu Hamil pada tanggal 24 Januari 2023. Untuk menyukseskan programnya, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok PKL tersebut menggandeng Ibu PKK dan kader kesehatan Kelurahan Kertosari.

Kepada pihak UNAIR NEWS (31/1/2023), Nanda Eka Mahasiswa kesehatan masyarakat sekaligus ketua kelompok PKL mengungkapkan bahwa dalam PKLnya terdapat beberapa program kerja diantaranya Workshop Ibu Hamil, Gerdu Rehat, dan SENADA. Salah satu program unggulannya, sambung Nanda ialah Workshop Ibu Hamil.

Nanda menuturkan bahwa kegiatan workshop ibu hamil dilatarbelakangi oleh tingginya angka konsumsi makanan cepat saji pada ibu hamil dan rendahnya dukungan keluarga selama masa kehamilan.

“Berdasarkan hasil analisis situasi kelompok diketahui bahwa dukungan suami atau keluarga masih rendah dalam mengantar istrinya atau ibu hamil ke puskesmas terdekat dan tingkat konsumsi makanan cepat saji tergolong cukup tinggi,” tuturnya.

Kegiatan yang menyasar ibu hamil, kader kesehatan dan ibu PKK tersebut dikemas dalam bentuk sosialisasi dan demo masak makanan sehat ibu hamil. “Sosialisasi ini mengenai pentingnya dukungan keluarga selama masa kehamilan dan demo masak,” jelas Nanda.

Adanya dukungan dari keluarga, sambung Nanda dapat memberikan stimulus yang positif bagi ibu hamil, baik secara fisik, emosional dan material. Terkait demo masak, Nanda menuturkan bahwa ibu hamil dapat memanfaatkan bahan disekitar rumah seperti daun kelor dan sayur.

“Kami membagikan resep masakan ayam katsu, bola-bola tahu kelor, dan tumis sayur yang bahan-bahannya sangat mudah ditemui di Desa Kertosari sehingga harus dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Untuk mendukung keberlanjutan program, kelompok PKL tersebut membagikan buku resep masakan sehat ibu hamil. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan monitoring terhadap peserta menggunakan kalender masakan.

“Kelompok memonitoring peserta terkait menu masakan apa yang dimasak pada hari ini sehingga dibelakang buku tersebut terdapat kalender masakan dan juga stiker,” jelas Nanda.

Serangkaian kegiatan workshop tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat sasaran. Kedepannya Nanda berharap adanya peningkatan kesadaran bagi keluarga untuk menemani pemeriksaan selama masa kehamilan dan membatasi konsumsi masakan instan bagi ibu hamil.

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/tim-pkl-fkm-sikia-unair-gelar-workshop-ibu-hamil-di-kelurahan-kertosari-banyuwangi

Tags :