Mahasiswa UNAIR Bagikan Pengalamannya Ikuti IISMA 2022 Thursday, 09 February 2023 08:17

UNAIR NEWS – Menjelang pembukaan pendaftaran IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) pada 8 Februari – 1 Maret, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) bersama Airlangga Global Engagement (AGE UNAIR) mengadakan IISMA Roadshow 2023 pada Selasa (7/2/2023).

IISMA merupakan beasiswa bergengsi canangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) yang memberikan para mahasiswa seluruh Indonesia untuk mendapat kesempatan berkuliah di universitas top dunia secara fully-funded

Pada roadshow kali ini, FISIP UNAIR mengundang Astria Okta Herdiani SIkom, selaku Head of Global Mobility Program di Airlangga Global Engagement dan juga Christine Nebore, Alumni IISMA 2022 University of Pecs. 

Astria Okta menjelaskan, untuk para calon IISMA 2023 harus mempersiapkan serangkaian dokumen seperti declaration letters, transkrip nilai, surat rekomendasi dari universitas asal, tes bahasa inggris, dan essay.

“Teman teman tak perlu khawatir, AGE UNAIR membantu kalian dalam segala dokumen yang kalian butuhkan selama teman teman melampaui persyaratan yang telah ditetapkan oleh IISMA,” tambah Astria

Sementara itu, Christine Nebore mahasiswa Hubungan Internasional yang menjadi awardee IISMA 2022 membagikan pengalamannya selama di University of Pecs, Hungary. Christine menceritakan bahwa mengikuti IISMA merupakan pengalaman yang tak terlupakan. 

Selama di Hungaria dihadapkan untuk dapat beradaptasi di sana terutama dari bahasa, budaya dan pendidikan di Hungaria. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penerima IISMA dari berbagai penjuru dunia. Hal tersebut tentunya membuat Christine memperluas relasinya. “Karena kita dari berbagai penjuru di Indonesia, selama disana tidak ada diskriminasi sama sekali selama program berlangsung,” tuturnya.

Christine berpesan untuk calon awardee tak ragu untuk meminta bantuan dari para alumni. Para alumni IISMA 2022 sangat open untuk memberikan bantuan untuk calon awardee IISMA 2023 asal tidak mepet dengan batas pendaftaran yang tetapkan oleh IISMA 

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-unair-bagikan-pengalamannya-ikuti-iisma-2022

Tags :