Mahasiswa BATTRA UNAIR Perkenalkan Pengobatan Tradisional Melalui Pengabdian Masyarakat di Teluk Amurang Surabaya Tuesday, 21 February 2023 08:17

UNAIR NEWS – Mahasiswa Program Studi Pengobat Tradisional, Fakultas Vokasi UNAIR gelar kegiatan Pengabdian Masyarakat di Teluk Amurang Surabaya pada Minggu, 19 Februari 2023. Kegiatan yang mengusung tema “Upaya Peningkatan Taraf Kesehatan dengan Pengobat Tradisional Menuju Indonesia Emas 2045” itu merupakan serangkaian kegiatan dari implementasi mata kuliah Problem Based Learning.

Kepada pihak UNAIR NEWS (19/2/2023), Ayu Balqis Aqilah Shofi selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa banyaknya penderita hipertensi menjadi latar belakang diadakannya pengmas tersebut. Selain itu Ayu menjelaskan bahwa hipertensi dapat disebabkan oleh faktor genetik, komorbid dan pola hidup yang tidak sehat.

“Kebiasaan dan pola hidup seseorang juga berpengaruh misalnya terlalu banyak makan makanan dengan kadar natrium tinggi, stres yang berlebih, dan kelelahan,” jelasnya.

Untuk mengatasi hipertensi, sambung Ayu dapat dilakukan dengan pendekatan pengobatan secara tradisional. Pada pengmas tersebut dijelaskan mengenai metode terapi herbal meliputi penyediaan jamu, akupuntur dan pijat.

Salah satu jamu yang dianjurkan untuk penderita hipertensi adalah jamu rosella. Rosella telah terbukti memiliki zat aktif yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. “Rosela memiliki zat aktif yang paling berperan yakni gossypetinantosianin, dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek penurunan tekanan darah,” tutur Ayu.

Kegiatan yang menyasar Warga Jl Teluk Amurang RW 4, Perak Utara, Surabaya itu disambut dengan antusias oleh warga. Banyak dari masyarakat sasaran yang memberikan respon positif setelah mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, warga RW 04 ini sangat senang sudah dapat ilmu baru dapat pengobatan gratis yang sehat tambah sehat,” ungkap Yuli salah satu warga Teluk Amurang.

Tidak hanya itu, respon positif juga diberikan setelah masyarakat mengikuti pengobatan akupuntur. “Leher tengkuk kemeng, setelah di terapi akupuntur rasanya kemeng nyeri nya tidak terasa lagi dan manjur,” terang Sony salah satu masyarakat sasaran.

Senang kegiatannya disambut antusias oleh masyarakat, kedepannya Ayu berharap masyarakat dapat mengatasi hipertensi secara mandiri melalui pendekatan tradisional seperti herbal, nutrisi dan pemijatan pada titik refleksi.

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri hermawan

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-battra-unair-perkenalkan-pengobatan-tradisional-melalui-pengabdian-masyarakat-di-teluk-amurang-surabaya

Tags :