UNAIR Luncurkan Program Airlangga Young Entrepreneur Tuesday, 28 February 2023 14:18

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) melalui Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) gelar sosialisasi program kewirausahaan bertajuk “Airlangga Young Entrepreneur Program, the New PMW 2023”. Berlangsung secara daring pada Jumat, (24/2/2023), sosialisasi tersebut dihadiri oleh Edith Frederika Puruhito S KM MSc (MedSci) selaku Koordinator Bidang Kewirausahaan DPKKA UNAIR.

Sosialisasi tersebut digelar sebagai wujud komitmen UNAIR dalam memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Jika sebelumnya wadah tersebut berupa PMW (Program Mahasiswa Wirausaha), maka kini program tersebut berganti menjadi AYE (Airlangga Young Entrepreneur). AYE, kata Edith, merupakan format baru dari program wirausaha mahasiswa yang berorientasi sebagai job creator, bukan lagi job seeker.

“AYE ini menjadi bentuk dukungan UNAIR yang ditujukan pada para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat kewirausahaan atau berpengalaman di bidang wirausaha sehingga menjadi lulusan yang memiliki jiwa wirausaha,” terang dosen prodi pengobat tradisional (Battra) itu.

Dalam konsep baru AYE 2023 itu, setidaknya terdapat tiga poin penting yang harus diperhatikan oleh para mahasiswa yang tertarik bergabung. Pertama, mahasiswa wajib mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan, baik saat pelatihan, mentoring, pameran, maupun kegiatan lainnya. Kedua, mahasiswa wajib mengembalikan dana bergulir sesuai skema pengembalian yang telah disetujui. Dan terakhir, mekanisme penyerahan bantuan modal usaha dan pengembalian dana bergulir telah diatur dalam kontrak kerja.

Lebih lanjut, Edith menuturkan bahwa dengan mengikuti program AYE 2023, mahasiswa yang memiliki potensi dan ketertarikan dalam bidang wirausaha akan mendapatkan berbagai benefit. Pasalnya, dalam program tersebut, mahasiswa akan dibekali dengan bootcamp serta mentoring. 

Setidaknya terdapat tiga kali bootcamp yang akan dilaksanakan pada bulan Maret hingga Mei, dan diakhiri dengan Airlangga Youth-Preneur Festival pada Juni 2023. Dalam bootcamp tersebut, mahasiswa akan mendapatkan tambahan informasi dan materi terkait pendekatan bisnis, strategi promosi, serta peningkatan sumber daya manusia sebagai modal. 

Untuk mengikuti program AYE 2023, mahasiswa hanya perlu mengikuti proses pendaftaran yang telah ditetapkan. Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman DPKKA UNAIR. Selanjutnya, mahasiswa dapat melakukan registrasi dan mempersiapkan proposal yang akan diajukan.

Pada akhir, Edith berharap, program AYE 2023 ini dapat menjaring para mahasiswa yang memiliki keseriusan dalam mengembangkan wirausaha. Hal ini, sambungnya, sekaligus sebagai dukungan terhadap kelancaran karir mahasiswa UNAIR di masa depan.

Penulis: Yulia Rohmawati

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/unair-luncurkan-program-airlangga-young-entrepreneur

Tags :