Empat Mahasiswa FK UNAIR Borong Penghargaan di Thailand Friday, 10 March 2023 14:07

UNAIR NEWS – Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menorehkan prestasi dalam ajang international. Kali ini diperoleh empat mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Pada awal bulan Maret FK UNAIR menerbangkan keempat mahasiswa ke Negeri Gajah Putih.

Pada Sabtu (4/3/2023) hingga Minggu (5/3/2023) keempat delegasi tersebut mengikuti perlombaan Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology and Immunology Competition (SIMPIC) yang berlokasi di Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University. Perlombaan itu merupakan olimpiade SIMPIC pertama yang dilakukan secara offline sejak pandemi.

Perlombaan itu terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap awal yang terdiri dari pengerjaan 40 soal multiple choice secara individu dan menjawab 20 pertanyaan jenis multiple true-false secara tim. Pada hari berikutnya peserta mengikuti tahap quatter final yang terdiri dari 12 pasang soal multiple answer. Sebanyak empat tim lanjut ke babak final dengan mengikuti cerdas cermat sesuai dengan topik dan jenis pertanyaan yang dipilih. Kemudian, pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin yang dikumpulkan.

Walaupun kompetisi kali ini berbeda dari sebelumnya, tetapi tidak menyurutkan semangat para delegasi. Mulai dari membaca materi, membuat rangkuman materi, hingga sering mengikuti latihan pengerjaan soal-soal microbiology, parasitology dan immunology.

Perjuangan mereka berbuah manis. Mereka mengantarkan nama FK UNAIR meraih runner-up untuk kategori tim. Keempatnya mengaku sangat senang dengan pencapaian tersebut, mengingat sejak enam tahun lalu FK UNAIR belum berhasil memenangkan perlombaan itu.

Tidak sampai di situ, keempat delegasi tersebut juga memborong medal untuk kategori individu.

Penghargaan yang diraih terdiri dari M Yasir Syafa’atullah meraih Gold Medal, Marselia Febriyanti meraih Bronze Medal, serta Maulana Bagus Adi dan Garuda Nusantara meraih Silver Medal.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi awal yang baik untuk FK UNAIR dan memotivasi seluruh civitas akademika UNAIR untuk terus mencetak prestasi dalam kancah internasional,” ucap M. Yasir. (*)

Penulis: Aidatul Fitriyah

Editor: Binti Q Masruroh

Sumber : unair.ac.id/empat-mahasiswa-fk-unair-borong-penghargaan-di-thailand

Tags :