DPKKA UNAIR Gelar Pelatihan Cara Mengoptimalkan Personal Branding Thursday, 16 March 2023 12:35

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR kembali menyelenggarakan Airlangga Career and Internship Club (ACIC) melalui zoom pada  Jumat (10/3/2023). ACIC kali ini bertajuk “Setting up Your Personal Branding for A Better Career” dengan mengundang Micolla Waskita sebagai narasumber. 

Pelatihan ini diadakan dengan tujuan agar para partisipan nantinya dapat mengoptimalkan personal branding mereka. Partisipan terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum yang sebelumnya telah mendaftar melalui tautan zoom.

Dalam materinya, Micolla berpendapat bahwa personal branding berdampak bagus bagi individu yang ingin mengembangkan karirnya. “Personal branding itu ketika kita melihat gambar atau profil seseorang, kita otomatis mengasosiasikan orang tersebut dengan karakter atau sifat tertentu,” ujar Micolla. 

Personal branding, sambungnya, merupakan sebuah paket yang terdiri dari pengalaman, kemampuan, dan nilai yang dimiliki oleh seseorang. “Personal branding dicontohkan ketika kita mengasosiasikan Najwa Shihab sebagai sosok yang kritis dan Elon Musk sebagai sosok yang ambisius,” jelasnya.

Selain itu, sambung Micolla, personal branding juga berkaitan cara mempresentasikan diri kepada orang lain dan sebaliknya. “Personal branding memiliki tujuan untuk membedakan diri kita dari orang lain, mencari peluang, memberikan impresi, dan menjadikan kita sebagai influencer,” imbuh Micolla. 

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa personal branding dapat membantu seseorang untuk lebih dikenal oleh orang lain. “Misal kita ingin membuat branding kalau kita jago public speaking, tentu kita harus mengisi acara atau event biar bisa dikenal orang lain. Kalau orang lain kenal kita, di situlah personal branding kita terbentuk,” papar Micolla. 

Micolla juga menjelaskan bahwa personal branding dapat membawa peluang untuk karir ke depannya. Selain itu, jelasnya, seseorang dapat menjadi influencer dan memberikan impresi yang berkesan bagi orang lain. I

“nfluencer di sini tidak harus menjadi figur publik terkenal, tetapi sesederhana dapat memberikan manfaat bagi teman dan orang di sekitar,” ujarnya. 

Pada akhir, ia menegaskan bahwa di era saat ini, personal branding mudah dibentuk melalui media sosial. Media sosial, tandasnya, dapat membuat seseorang yang awalnya bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang dikenal luas oleh publik. 

“Yang terpenting kita bisa membuat konten yang bermanfaat, konsisten, dan melakukan kolaborasi dengan orang lain,” pungkas Micolla. 

Sesi webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara partisipan dengan narasumber. Sebelum acara ditutup, panitia terlebih dahulu menyampaikan informasi terkait program beasiswa pelatihan untuk mahasiswa hasil kolaborasi antara Sertifikasiku dengan  Generasi Kompeten

Penulis: Adil Salvino Muslim

Editor: Nuri Hermawan

Sumber :unair.ac.id/dpkka-unair-gelar-pelatihan-cara-mengoptimalkan-personal-branding

Tags :