Mahasiswa FKG UNAIR Raih Juara I LKTI Nasional Manfaatkan Tanaman Biofarmaka Monday, 10 April 2023 08:15

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) tidak pernah berhenti menyabet prestasi dalam bidang akademik. Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) berhasil menyabet Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional AKSARA 2023. Ialah Mohammad Iqbal dan Sherina Fatma Imanu yang menggagas topik inovasi produk mucoadhesive patch berbahan tanaman biofarmaka lokal.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Minggu (2/4/2023). Kompetisi kali ini mengusung tema Optimalisasi Biofarmaka Lokal sebagai Alternatif Terapi OPMD. Produk yang diusung Iqbal dan tim bermanfaat untuk agen terapi OPMD (Oral Potentially Malignant Disorder) yang dapat dijadikan opsi terapi pendahuluan lesi-lesi OPMD.

Sempat Alami Kesulitan

Iqbal menuturkan sempat mengalami kendala dalam penyesuaian waktu untuk diskusi di tengah kesibukan akademik dan non-akademik. “Awalnya saya sempat kesulitan menyesuaikan waktu dengan partner saya. Di sisi lain, saya juga harus fokus ke proposal skripsi kegiatan organisasi BLM dan partner saya yang harus membagi fokus pada skills lab dan keorganisasian di fakultas,” tuturnya.

Namun hal tersebut bukan jadi penghalang mereka untuk tetap menuntaskan kompetisi. Perjuangan mereka membuahkan hasil dengan meraih sebagai juara pertama. Iqbal selaku ketua tim bersyukur atas pencapaian tersebut. Ia dan tim tidak menyangka bisa sampai mencapai tahap ini.

Alhamdulillah, yang pertama pasti bersyukur atas pencapaian yang sudah Allah berikan. Di sisi lain saya juga nggak pernah expect apapun saat mengumpulkan paper ini. Karena aku maupun partnerku mengumpulkan paper ini di sela-sela ke-hectic-an kami,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Iqbal mengungkapkan rasa bangganya dapat mengharumkan nama UNAIR khususnya FKG UNAIR dalam kompetisi nasional. “Pada event lomba ini aku merasa senang dapat ikut serta mengharumkan nama Universitas Airlangga khususnya Fakultas Kedokteran Gigi di kancah nasional,” ujarnya.

Pada akhir sesi wawancara, Sherina menyatakan harapannya untuk timnya dan pihak universitas atas pencapaian itu. “Harapan kami adalah semoga bisa mengeksplorasi bahan yang sama tetapi dengan variabel yang berbeda. Pastinya kami juga berharap project ini bisa membuat nama Universitas Airlangga lebih dikenal lagi di kalangan akademisi kancah nasional,” tutupnya. (*)

Penulis: Aidatul Fitriyah

Editor: Binti Q Masruroh

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-fkg-unair-raih-juara-i-lkti-nasional-manfaatkan-tanaman-biofarmaka

 

 

Tags :