Alumni K3 UNAIR Bagikan Pengalamannya untuk Para Calon Fresh Graduate Friday, 14 April 2023 10:29

UNAIR NEWS – Alumni menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan para fresh graduate. Pengalaman para alumni dapat berguna untuk bekal dalam terjun di dunia kerja. 

Menanggapi hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Airlangga (HIMA K3 UNAIR) menggelar sharing session bersama alumni yang bertajuk “HSE Career Preparation from Fresh Graduate dalam bidang K3 Tambang dan K3 Migas” pada (9/4/2023).

Pada sharing session kali ini, mengundang narasumber yakni Azka Hifzhan Nanda sebagai Staff K3PL PT. PGAS Solution (PGN Group) dan Savirah Vivian Rezalia sebagai Coorporate HSE Foreman PT. SLS Group. Mereka adalah alumni Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Airlangga 2019. 

Azka Hifzhan menceritakan, ia hanya memiliki waktu luang selama satu minggu setelah ia tetapkan lulus di UNAIR. Pada saat itu, ia langsung mendapatkan pekerjaan di PT. PELINDO Semarang. 

“Teman-teman K3 UNAIR harus merasa beruntung karena perusahaan besar banyak membutuhkannya. Nggak hanya aku, beberapa teman angkatanku juga setelah wisuda langsung mendapatkan pekerjaan,” tambah Azka. 

Pentingnya Fokus Saat Menjadi Mahasiswa Akhir

Azka mengatakan, bahwa para mahasiswa akhir untuk fokus. Kefokusan para mahasiswa akan berpengaruh pada jenjang kerja. Karena, rentang waktu dari D3 cukup singkat, para mahasiswa untuk memaksimalkan waktu yang ada untuk menjadi calon fresh graduate terbaik di tengah ketatnya persaingan.

“Teman-teman mulai harus mengetahui ketertarikan dan minat kalian pada bidang apa. Setelah itu, teman-teman dianjurkan untuk mengikuti magang atau praktik kerja lapangan dengan ketertarikan dan minat yang teman-teman miliki,” imbau Azka. 

Selanjutnya, Savirah Vivian menambahkan bahwa pemilihan sektor dalam bekerja dilakukan setelah lulus merupakan hal yang salah kaprah. Para mahasiswa sangat dianjurkan untuk memiliki fokus bidang pada masa magang. 

“Salah satu yang kalian dapat melakukan riset mengenai bidang yang kalian minati. Bagiku, kita harus menjadi orang hebat pada sektor yang kita kuasai,” tambah Savirah.

Savirah menuturkan bahwa tidak lupa untuk meminta izin dan doa restu kepada orang tua terutama para perempuan. Karena para perempuan berat dalam izin orang tua untuk kerja yang jauh. Hal ini telah ia rasakan sejak masa magangnya.

“Teman-teman dapat menghubungi saya dan Azka pada sosial media seperti Instragram, dan Linkedin untuk menanyakan hal apapun mengenai dunia kerja khususnya K3. Para calon fresh graduate harus menjaga semangat agar meraih karir yang gemilang di dunia K3,” tungkas Savirah. 

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/alumni-k3-unair-bagikan-pengalamannya-untuk-para-calon-fresh-graduate

Tags :