Mahasiswa FST UNAIR Raih Juara 1 Kompetisi Perbanas Nasional Poster 2023 Wednesday, 26 April 2023 10:01

UNAIR NEWS – Kabar membanggakan datang dari Fani Agustina Br Pangaribuan, mahasiswa S1 Program Studi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga. Ia berhasil menyabet juara 1 kategori umum diploma dalam Kompetisi Perbanas Nasional Poster 2023. 

Fani, sapaan akrabnya, mengaku telah menyukai dunia desain sejak lama. Ia pun sering mengikuti banyak perlombaan poster dan infografis yang banyak dijumpainya dalam sosial media. Baginya, kegiatan mendesain telah menjadi passion sehingga dia sangat bersemangat ketika mengikuti perlombaan ini. 

Lika-Liku Mengikuti Kompetisi

Kepada tim UNAIR NEWS (17/4/2023), Fani menceritakan bahwa kompetisi yang diikutinya mengusung tema besar seputar ekonomi di tengah resesi. Menurutnya, kompetisi ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengajak anak muda membagikan kontribusi mereka terhadap perekonomian bangsa.

“Kita kan tahu kalau ekonomi kreatif udah besar banget pengaruhnya bagi anak muda. Kegiatan kayak bisnis kuliner, makeup, dan lain-lain yang banyak anak muda gemari ternyata bisa berkontribusi terhadap perekonomian bangsa kita. Nah aku pengen mengangkat hal itu di dalam posterku, tentang bagaimana anak muda bisa berkontribusi melalui ekonomi kreatif,” terang Fani. 

Tetapi, berkompetisi tidaklah mungkin berjalan mulus tanpa halangan. Hal tersebut juga ia rasakan. Fani menerangkan bahwa dia mengalami kesulitan ketika menentukan ide, menyajikan visual, dan menitipkan pesan yang tepat di posternya. 

“Karena pesertanya banyak, aku harus memikirkan pesan dan hal unik apa yang harus kusematkan di dalam posterku. Sebisa mungkin pesannya bisa tersampaikan dengan jelas ke audiens,” jelasnya.

Namun, lanjutnya, ia merasa senang selama proses pengerjaan poster. Hal ini didukung oleh passion dan kecintaannya dalam bidang desain.

Menjaga Konsistensi dalam Berkompetisi

Fani menegaskan bahwa cara paling tepat untuk menjaga konsistensi adalah dengan melakukan hal yang disukai. Namun, lanjutnya, rasa suka ini harus seimbang dengan kemampuan diri. 

“Rasa ingin tahu, passion, dan kemampuan diri saling mengimbangi aku. Kalo aku lagi stuck dan males, rasa inilah yang bikin aku bangkit dan kembali konsisten ngelakuin apa yang aku mulai,” ujarnya.

Ia turut berpesan agar mahasiswa bersemangat untuk mengikuti semua kegiatan yang mampu menambah value diri. Baginya, baik mahasiswa yang berbakat dalam bidang akademik maupun nonakademik, harus memaksimalkan segala bakat dan potensi yang ada. 

“Yang terpenting adalah niatnya, lalu belajar keterampilan. Tapi jangan lupa juga untuk cari informasi-informasi kegiatannya. Pokoknya gimana cara kita ngembangin bakat itu,” pungkasnya.

Penulis: Widiasih Fatmarani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/mahasiswa-fst-juara-1-kompetisi-perbanas-nasional-poster-2023

Tags :