Alumnus UNAIR Bagikan 3 Elemen Penting Bangun Bisnis Thursday, 04 May 2023 14:40

UNAIR NEWS – Saat ini dunia usaha atau bisnis mengalami perkembangan yang pesat. Tak heran, mulai dari mahasiswa hingga pencari kerja tertarik untuk bangun bisnis bahkan menjadikannya sebagai pilihan karir. 

Merespon fenomena itu, Himpunan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan webinar Sociology Business Fellows, Sabtu (15/4/2023). Acara tersebut mengundang Lukman I Marpaung selaku pendiri Legalhub Indonesia.

Lukman menjelaskan bahwa menjalankan atau bangun bisnis merupakan kegiatan yang berorientasi pada keuntungan dengan memperjualbelikan barang atau jasa. Menurutnya, ada tiga kunci PBS (PeopleBusinessScale Up) dalam membangun bisnis.

1. SDM Unggul Sesuai Keahlian

Sumber daya manusia (SDM) menjadi elemen dasar yang mengelola usaha. Maka dari itu, kata Lukman, sebaiknya merekrut orang-orang unggul dalam sebuah tim sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Terkait people ini terlihat dari peran dan keahliannya. Carilah tim yang pas, yang kedua teman-teman harus memiliki network,” ungkap alumnus FISIP UNAIR itu.

2. Kenali Usaha yang Dijalani

Berbicara mengenai dunia usaha, menurut Lukman, kini model usaha semakin berkembang. Ia menuturkan pentingnya mengenal perbedaan usaha yang berbasis startup, korporasi, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dari segi budaya, startup atau bisnis rintisan identik dengan pemanfaatan teknologi, beda dengan UMKM yang berfokus pada skala spesifik demi menunjang kestabilan. Kalau korporasi, tentunya establish serta dikelola dengan manajerial yang sistematis dan terstruktur,” terangnya.

Lanjut Lukman, menentukan pasar, konsep produk, proses produksi, strategi, hingga eksekusi untuk menghasilkan Minimum Viable Product. “Jadi (produk) nggak harus langsung sempurna, tapi paling tidak sudah bisa menjawab market, menjawab permintaan, dan sudah divalidasi” tambahnya.

3. Strategi Tingkatkan Bisnis

Lulusan ilmu politik tersebut juga memaparkan cara meningkatkan peluang usaha melalui otomatisasi pemasaran hingga pengembangan produk, membangun ekosistem, serta investasi. Selain itu, faktor keberhasilan membangun bisnis yakni pemilihan waktu, eksekusi tim, ide, model bisnis, dan pendanaan.

Pada akhir, Lukman mengingatkan pentingnya legalitas dalam dunia usaha. “Cara menangkap timing yang pas itu teman-teman harus mempersiapkan legalitas dulu. Jadi ketika produk dan lainnya belum ada legalitas, maka timing-nya lewat,” tutupnya.

Penulis: Sela Septi Dwi Arista

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/alumnus-unair-bagikan-3-elemen-penting-bangun-bisnis

Tags :