Kontribusi Alumnus UNAIR di SEA Games, Capai Target Perolehan Emas Nasional Monday, 29 May 2023 08:32

UNAIR NEWS – Janis Rosalita Suprianto, alumnus Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil mempersembahkan emas ke-69 untuk Indonesia pada gelaran pesta olahraga SEA Games 2023. Perolehan tersebut membuat timnas otomatis mencapai 69 perolehan emas yang ditargetkan oleh presiden Jokowi.

Hingga SEA Games berakhir pada Rabu (17/5/23), sejumlah tiga dari total enam emas yang didapatkan kontingen renang Indonesia disumbangkan oleh Janis. Yaitu pada cabang olahraga Fin Swimming nomor 100 dan 50 meter surface, dan yang terbaru pada nomor Women’s 200 m Surface. Tak hanya itu, tiga perak juga berhasil alumni UNAIR angkatan 2013 tersebut dapatkan pada nomor Mixed Relay 4x50m Surface, Women’s 4x100m Surface Relay, Women 4×200 m Surface Relay.

Dengan perolehan tersebut, Janis menempati posisi sebagai penyumbang medali terbanyak pada cabang olahraga renang pada SEA Games 2023. Atas prestasi memukau itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bahkan menjulukinya sebagai The Golden Mermaid.

 

Finswimming (renang sirip) merupakan nomor perlombaan renang yang terdiri dari dua kategori yakni bi-fins, dan monofin. “Seperti namanya, bi-fins menggunakan dua fins masing-masing di kaki kiri dan kanan. Jika monofin, hanya satu fin saja seperti sirip kaki ikan duyung atau mermaid,” ungkapnya mengutip lamaan unair.ac.id/news.

Apresiasi Gubernur

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa turut mengapresiasi capaian tersebut. Bertepatan dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Khofifah secara langsung memberikan apresiasi dan penghargaan Jer Basuki Mawa Beya kepada Janis dan atlet asal Jatim lainnya di Gedung Negara Grahadi Senin (22/5/2023).

Pada SEA Games 2021 lalu di Vietnam, Janis juga berhasil mempersembahkan dua emas dan dua perak bagi Indonesia. Alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) tersebut terkenal memang mendalami dunia renang sedari muda. Emas dan perak dari berbagai kejuaraan lokal, hingga Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi koleksi Janis setiap tahunnya.

SEA Games sendiri merupakan olimpiade skala Asia Tenggara yang mempertandingkan sebelas negara di tiga puluh tujuh cabang olahraga. Dari wawancara bersama Unairnews, Janis mengungkapkan cita-citanya untuk terus melihat bendera merah putih berkibar di akhir pertandingan finswimming, yang menandakan adanya pencapaian medali dari Indonesia. (*)

Penulis : Stefanny Elly

Editor : Binti Q. Masruroh

Sumber : https://unair.ac.id/kontribusi-alumnus-unair-di-sea-games-capai-target-perolehan-emas-nasional/

Tags :