Kalahkan 6 Negara, Auvi Juara 1 International Islamic Financial Olympiad Monday, 31 July 2023 14:34

UNAIR NEWS – Prestasi internasional kembali diraih oleh civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga. Kali ini Auvi Diyanati Kanasibah meraih Juara 1 Essay in Islamics Economics and Finance pada International Islamic Financial Olympiad and Summer School 2023. Acara tersebut diikuti oleh peserta dari enam negara, mulai Kamis (17/7/2023) hingga Rabu (26/7/2023).

Auvi mengungkapkan rasa syukur dan bangganya berhasil meraih prestasi itu. Dengan mengangkat cluster Islamic Economy dan Islamic Finance, ia menuangkan pemikiran kritisnya mengenai regulasi penyaluran dana sosial Islam di Indonesia yang masih mengalami kendala dalam pengaplikasiannya. 

“Pemerintah sudah membuat undang-undang sedemikian rupa. Tetapi masih banyak kejanggalan dan permasalahan di masyarakat, terutama tentang pendistribusian,” katanya.

Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2020 tersebut membuat inovasi Economy Recovery with Syariah Village Barn (ECOBARN). Skema ECOBARN menawarkan keterlibatan masyarakat setempat tanpa melibatkan badan zakat pemerintah (BAZNAS) untuk menyalurkan dana sosial. Hal itu dapat menjadi strategi pemerintah untuk mengembangkan potensi di daerah lewat keterlibatan langsung masyarakat setempat.

“Hasil akhir dari skema ini bisa menghasilkan manfaat keuangan yang berkelanjutan, kemandirian ekonomi, serta pengentasan kemiskinan,” katanya.

 

Dukungan Rekan dan Pengerjaan di Malioboro

Auvi menceritakan perjuangan unik pembuatan essay yang dilakukan di area wisata Yogyakarta. Dengan tekad kuat, ia berhasil mengerjakan essay tersebut. Mahasiswa yang juga penerima beasiswa KSE itu dapat menuntaskan essay 30 menit sebelum tenggat akhir pengumpulan.

“Pada saat itu kami mengerjakannya di daerah sekitar malioboro. Yang awalnya niat mau jalan-jalan tetapi malah hectic untuk pengerjaan essay,” katanya.

Auvi memiliki ketiga rekan yang mendukung pengerjaan essay ECOBARN. Tak jarang kritik positif diberikan pada dirinya dalam setiap ketikan kata. Ketiga rekan tersebut juga mengikuti acara tersebut dengan bidang lomba yang berbeda. 

“Saya bersyukur sekali memiliki rekan yang suportif yang mau mengkritik essay saya sebelum saya kumpulkan, yakni ada dinda,albar, dan juga diaz,” sebutnya. 

Auvi berharap lewat inovasi yang tertuang pada essay tersebut memberikan inspirasi bagi masyarakat dan pemerintah. Termasuk menjadi masukan dalam memperkuat regulasi terkait penyaluran dana sosial Islam di Indonesia.

 

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Feri Fenoria

Sumber : unair.ac.id/kalahkan-6-negara-auvi-juara-1-international-islamic-financial-olympiad

Tags :