Apsilangga Gelar Pembekalan Lulusan, Bahas Pentingnya Networking Bagi Fresh Graduate Tuesday, 15 August 2023 13:33

UNAIR NEWS – Ikatan Alumni Psikologi Universitas Airlangga (Apsilangga) menggelar pembekalan lulusan pada Selasa (8/8/2023). Acara yang terselenggara secara daring itu mengambil tajuk Embracing Growth Mindset and Strategic Networking for Bright Futures dengan Ginta Naufal SPsi sebagai pemateri.

Dalam kesempatan tersebut, alumni S1 Psikologi UNAIR tahun 2008 itu banyak memaparkan tips-tips mempersiapkan diri setelah lulus pendidikan sarjana. Salah satunya adalah bagaimana membangun network bagi para fresh graduate.

“Orang-orang sukses itu membangun dan mencari yang namanya network. Tapi,  orang-orang biasa, mereka hanya mencari pekerjaan,” terang Ginta. Ia menuturkan bahwa network inilah yang sangat membantu dalam membangun karier setelah ia lulus berkuliah.

“Bukan saya yang sibuk mencari pekerjaan, tetapi pekerjaan dan kesempatanlah yang sibuk mencari saya. Ini satu kemudahan dari Yang Mahakuasa berikan kepada saya,” lanjut Ginta.

 

Memulai Networking
Menurutnya, memulai sebuah network sesederhana saling bertegur sapa dengan orang-orang di sekitar. Kita juga bisa dapat memanfaatkan media digital untuk membangun koneksi dengan banyak orang. Misalnya, melalui media sosial semacam Instagram atau LinkedIn.

“Di lingkungan kampus, ini bisa mulai dengan saling menyapa teman, senior, atau bahkan dosen sekalipun. Coba mulai follow akun-akun media sosial mereka juga. Dengan begitu, akan muncul engagement antara kita dengan mereka,” saran Ginta.

Engagement yang terbangun ini akan sangat bermanfaat bagi kita kedepannya. Pasalnya, semakin kita dikenal oleh banyak orang, maka akan semakin besar pula peluang kita untuk diajak bergabung dalam sebuah proyek atau pekerjaan tertentu.

“Ada kemungkinan kita dipilih dan direkomendasikan untuk satu proyek atau job tertentu,” terang founder Nu Gen Daycare ini.

Poin lain yang tidak kalah penting dalam membangun network adalah mengenali diri kita sendiri. “Kenali diri kita. Sun Tzu pernah berkata ‘kenali diri, kenali medan, kenali lawanmu,’” tutur Ginta.

Di akhir sesi, Ginta berpesan agar para fresh graduate selalu memaksimalkan apa yang bisa kita berikan kepada orang-orang di sekitar.

“Selalu melihat apa yang bisa Anda berikan, buka hanya melihat apa yang Anda dapatkan. Sebanyak-banyaknya kamu bisa memberikan, itu akan kembali kepada diri kita sendiri,” pungkasnya. (*)

 

Penulis: Agnes Ikandani

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber : unair.ac.id/apsilangga-gelar-pembekalan-lulusan-bahas-pentingnya-networking-bagi-fresh-graduate

Tags :