IKA UNAIR Wilayah Inggris Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi Alumni Wednesday, 06 September 2023 10:22

UNAIR NEWS – Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (UNAIR) wilayah Inggris menggelar agenda silaturahmi dan konsolidasi pada Senin (28/8/2023). Acara yang berlangsung pukul 16.00 waktu Inggris tersebut menghadirkan Ketua Umum PP IKA UNAIR Khofifah Indar Parawansa yang sekaligus merupakan Gubernur Jawa Timur, hingga Duta Besar Republik Indonesia untuk Britania Raya yaitu Desra Percaya PhD. Kedua sosok ini juga merupakan alumni UNAIR. Agenda ini tidak hanya hadir IKA UNAIR wilayah Inggris tapi IKA UNAIR wilayah Amerika Serikat ikut hadir secara virtual.

Prof Delvac Oceandy MD PhD, alumnus Fakultas Kedokteran UNAIR yang saat ini menjadi Pakar Medical Science di University of Manchester mengatakan bahwa pertumbuhan alumni UNAIR di Inggris semakin pesat.

“Dulu saat pertama kali saya datang ke Inggris, jumlah alumni UNAIR hanya sedikit. Tapi sekarang sudah ada sekitar 35 orang yang ada di sini,” katanya.

Alumni UNAIR berada di Inggris untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan pascasarjana di beberapa perguruan tinggi ternama yang ada di Inggris. Sementara itu perwakilan PP IKA UNAIR Indra Nur Fauzi menyampaikan bahwa acara ini untuk memperkuat jalinan diaspora alumni UNAIR yang ada di Inggris.

“Kita perkuat peran-peran diaspora alumni UNAIR di Inggris dan beberapa negara lain sehingga pada waktunya nanti mereka (IKA UNAIR, Red) kembali untuk Indonesia bisa memberikan kontribusinya,” katanya.

 

Peran Alumni

Tak ketinggalan, Desra Percaya mengungkapkan bahwa sebagai salah satu perguruan tinggi berkelas dunia maka peran dari para alumni menjadi sangat penting. “Semua perguruan tinggi berkelas dunia didukung oleh ikatan alumni yang kuat. Jadi alumni bukan ajang kumpul-kumpul tapi sebagai wadah penting untuk menjaga, mengembangkan, dan menghubungkan dengan almamater,” jelasnya.

Desra menambahkan bahwa ia dengan tangan terbuka menerima mahasiswa UNAIR yang ingin merasakan bekerja di KBRI London. Program magang ini bermanfaat bagi mahasiswa agar mendapatkan pengalaman bekerja secara langsung sebelum lulus nantinya.

“Dalam beberapa waktu kedepan kami akan menerima mahasiswa magang dari UNAIR. Ini hal yang baik karena sejak awal mahasiswa mendapat pengalaman bekerja. Silakan bagi mahasiswa UNAIR yang ingin magang di KBRI London,” tuturnya.

Agenda ini dilaksanakan secara bersamaan dengan penandatanganan letter of intent (LOI) antara IKA UNAIR yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto drh DEA, dengan Breakthrough Capital dan BAXE UK yang diwakili oleh Sandra L. Mesran Tusin BSc ACA BFP. Prosesi ini turut disaksikan oleh Khofifah Indar Parawansa dan Princess of Kuwait yang merupakan COO Breakthrough Capital. (*)

 

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Binti Quryatul M

Sumber : unair.ac.id/ika-unair-wilayah-inggris-gelar-silaturahmi-dan-konsolidasi-alumni

Tags :