Alumnus Vokasi UNAIR Bagikan Pengalaman Kecakapan Kerja Wednesday, 06 September 2023 10:24

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR) telah berhasil menelurkan alumni kebanggaan yang berkarier di berbagai bidang. Salah satunya Adinda Putri yang kini menekuni beberapa profesi lintas bidang, yakni reporter, presenter, model dan bintang iklan, bahkan dalam dunia akting.

Kiprah Adinda dalam berkarier telah membawanya menjelajahi berbagai profesi. Adinda juga sempat menjajaki sejumlah panggung kontes kecantikan, hingga mendapatkan gelar Miss Indonesia Kalimantan Timur 2015, Duta UNAIR Favorit 2016, serta Miss Earth Indonesia Animal Welfare 2018.

Pada Virtual Gathering Alumni FV UNAIR (26/08/2023), Adinda membagikan pengalaman dan pengetahuannya seputar employability skills atau kecakapan kemampuan kerja.

Pentingnya Employability Skills
Employability skills penting seluruh pekerja miliki, utamanya bagi fresh graduate. Sebab, kemampuan ini merupakan keterampilan dan kompetensi yang dapat meningkatkan pekerja untuk mendapat atau mempertahankan pekerjaan.

“Employability skills lebih mengarah ke arah keterampilan non-teknis, yang menentukan arah karier di masa depan. Sehingga, tidak hanya hardskill, namun juga softskill yang membuat kita survive di dunia kerja,” sebut angkatan pertama dari program D3 Bahasa Inggris itu.

 

Contoh dan Penerapan

Employability skills memiliki banyak jenis, di antaranya yang dibahas dalam kegiatan tersebut ialah jujur, disiplin, komunikasi, adaptasi, dan manajemen. 

Setelah menjajaki beberapa profesi, Adinda mengungkap bahwa komunikasi yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam semua pekerjaan. Selain itu, perubahan menjadi hal yang pasti terjadi, untuk itu kemampuan beradaptasi di lingkungan baru harus terus diasah.

“Dari pengalaman, saya belajar untuk memahami karakter orang dengan cepat, memposisikan diri di tengah lingkungan, serta menggunakan candaan atau jokes yang tepat,” ucapnya.

Satu hal yang tak kalah penting ialah kemampuan belajar dengan cepat (learning skills). Dengan kemampuan ini, seorang karyawan akan dapat bersaing di dunia kerja. Adinda menjelaskan bahwa dunia kerja memang sebuah dunia yang keras, namun dengan kemauan dan kemampuan kita untuk terus belajar, kita akan tetap bertahan dan berkembang. (*)

 

Penulis : Stefanny Elly

Editor : Binti Q.Masruroh

Sumber : unair.ac.id/alumnus-vokasi-unair-bagikan-pengalaman-kecakapan-kerja

Tags :