Dosen dan Alumni FIB UNAIR Dukung Konferensi Internasional Sastra Jepang Monday, 25 September 2023 07:16

UNAIR NEWS – Dosen dan empat alumni FIB UNAIR mengikuti The 11th Forum on East Asia and Contemporary Japanese-Language Literature pada (1-2/9/2023) di Grand Inna Kuta Bali. Konferensi yang diikuti oleh lebih dari 120 akademisi dari berbagai negara ini. Yaitu, Jepang, Korea, China, Taiwan, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Amerika Serikat. Kegiatan itu sebenarnya dilaksanakan pada tahun 2021 lalu. Namun karena adanya pandemi Covid-19 maka pelaksanaannya diundur pada tahun 2023.

Konferensi  yang bertemakan “ Glocal Culture and Intersectionality in Modern Asia: Representation, Conflict, and Co-Existence” ini diselenggarakan oleh  Forum on East Asia and Contemporary Japanese-Language Literature bekerja sama dengan Asosiasi Studi Kesusastraan Jepang di Indonesia (Indonesian association for Japanese Literature Studies/ ASKJI). Sedangkan sponsor utama kegiatan ini adalah The Japan Foundation dan diikuti oleh Lembaga internasional lainnya seperti Toshiba Foundation, National Research Foundation of Korea.

Panitia pelaksana konferensi ini adalah ASKJI yang juga didukung oleh para dosen dan mahasiswa serta alumni yang berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, dan Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Delegasi dari Universitas Airlangga yaitu Antonius R. Pujo Purnomo, Ph. D. yang juga merupakan ketua ASKJI serta 4 alumni Prodi Studi kejepangan FIB UNAIR  yaitu Ilma Septiana Widiawati (lulusan 2022), Zhafira Kania (lulusan 2022), Giovanni Yerikho (lulusan 2023), dan I Putu Ryuta Adikumara (lulusan 2023).

Keikutsertaan 4 alumni FIB UNAIR dalam kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk pengembangan diri setelah lulus kuliah dan partisipasi alumni dalam mendukung kerjasama internasional. Melalui kegiatan ini para alumni tidak hanya bekerja dengan sesama anggota tim yang berasal dari universitas lain di Indonesia, namun juga harus bekerja sama dengan para dosen dari negara-negara anggota forum agar pelaksanaan acara berjalan sukses. Berkat Kerjasama yang baik dari semua anggota tim, acara berjalan sukses. Kerja tim Indonesia mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari seluruh peserta konferensi.

 

Penulis: Antonius R. Pujo Purnomo

Sumber :unair.ac.id/dosen-dan-alumni-fib-unair-dukung-konferensi-internasional-sastra-jepang

Tags :