Sumpah Ners UNAIR, Lahirkan 97 Insan Profesi Keperawatan Monday, 25 September 2023 07:36

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar sumpah Ners, Selasa (12/09/2023). Diikuti oleh 97 Ners, acara itu terselenggara di Gedung Ternate ASEEC, Kampus B UNAIR.

“Dengan penuh rasa syukur kita melantik 97 Ners dengan rincian 84 Ners baru, dan 13 Ners Spesialis Medikal Bedah,” ujar wakil dekan I FKp, Dr Ika Yuni Widyawati, S Kep Ns M Kep Sp Kep MB, saat menyampaikan laporan pelantikan.

Menyusul sambutan, Prof Dr Muhammad Madyan SE M Si M Fin, mewakili Rektor UNAIR, menyampaikan, pihaknya menekankan agar seluruh Ners selalu berdedikasi dan memegang teguh kode etik. Sambungnya, kompleksitas dan tantangan pelayanan kesehatan memerlukan disiplin ilmu yang tinggi dan sumber daya profesi yang mau mengabdi. 

“Utamakan kemanusian jangan uang,” tegasnya. 

Pesan itu didukung oleh harapan ketua ikatan alumni keluarga mahasiswa UNAIR, Dr M Hasinuddin S Kep M Kep. Ia berharap, seluruh Ners dapat menekankan etika dan moral dalam melakukan asuhan keperawatan dan menolong sesama demi tugas kemanusiaan.

“Jadilah excellent Ners dan Spesialis Ners with morality yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik tanpa membedakan agama, suku, ras, dan golongan,” tuturnya.

Menyambung hal itu, Dekan FKp UNAIR, Prof Dr Ah Yusuf S S Kp M Kes juga berpesan agar seluruh Ners agar berkontribusi dalam ikatan keluarga alumni. Selain mengembangkan profesi keperawatan, pihaknya, berharap seluruh Ners dapat menjalankan profesi dan mengembangkan usaha sesuai keterampilan masing-masing.

“Jangan lupa untuk selalu tersambung dengan Tracer alumni karena itu bentuk kontribusi nyata yang bisa kalian berikan,” jelasnya. 

 

Pesan Perwakilan Ners 
Proses pendidikan tidak mudah bagi  setiap orang. Hal itu menjadi kisah pelajaran dari proses mencapai keberhasilan. Layaknya, Andi Kriistyan S Kep Ns M Kep Sp Kep Mb saat menyampaikan sambutan. Andi berpesan kepada seluruh Ners agar senantiasa menjadikan momentum bersejarah itu (pelantikan sumpah ners, red.), sebagai bentuk mengemban amanah dan tanggung jawab yang baru. 

“Teman-teman, mari mewujudkan perawat yang mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor dalam pengembangan caring and advance care based innovation and leadership, sesuai pembelajaran yang kita tempuh selama ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Rosita

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/sumpah-ners-unair-lahirkan-97-insan-profesi-keperawatan

Tags :