Alumni FEB UNAIR Beberkan Rahasia Rencana Karir untuk Mahasiswa Thursday, 26 October 2023 08:11

UNAIR NEWS – Tekankan pentingnya rencana karir kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga, Departemen Hubungan Luar BEM FEB UNAIR mengundang alumni berprestasi pada Sambang Alumni 2.0 hari Senin (25/9/2023) lalu. Tema kali ini adalah Career Planning: One Step Forward to Achieve an Excellent Career Path.

Sambang Alumni menghadirkan Deddy Firman Rahmady, alumnus FEB UNAIR lulusan tahun 2009. Saat ini, ia merupakan Vice President Anggaran Petrokimia Gresik. Sebelumnya, ia juga pernah menduduki jabatan Director of Asean Potash Chaiyaphum Co.

Hans Michael Hartojo, salah satu lulusan terbaik FEB UNAIR 2021, juga hadir dalam acara itu. Posisi terakhir Hans merupakan Emerging Business Relationship Manager di Bank OCBC NISP cabang Malang. Hans juga pernah menempuh program On-the-job Trainee unggulan milik OCBC NISP, yakni Graduate Development Program.

 

Bangun Visi Sejak Kuliah
Saat ditanya apakah Hans dan Deddy sudah memiliki rencana karir selama kuliah, keduanya memberikan jawaban yang hampir sama. Deddy menekankan bahwa mahasiswa harus memilih langkah karir seperti apa yang akan mereka lalui. Ia juga mendorong mahasiswa untuk selektif dalam memilih karir dan tidak sekedar ikut-ikutan.

“Kesalahan utama fresh graduate adalah memiliki pola pikir ‘yang penting kerja dulu’,” ujar Deddy.

Menambahkan jawaban Deddy, Hans condong untuk membuat rencana minat karir cadangan. Ia mendorong mahasiswa untuk memilih alternatif langkah karir lain yang paling diminati kalau-kalau tidak dapat menggapai minat utama.

“Selanjutnya, kalian harus konsisten dengan pilihan-pilihan itu, jangan beralih ke yang lain,” jelas Hans.

 

Tips Realisasi Visi
Karena tidak semudah kelihatannya, selanjutnya Hans dan Deddy membagikan tips untuk merealisasikan rencana karir. Deddy menjelaskan bahwa mahasiswa harus mengetahui minatnya terlebih dahulu untuk dapat menentukan keunggulan diri. Deddy juga dorong mahasiswa untuk mencari kesempatan sebanyak-banyaknya dan membuat branding diri.

Hans sekali lagi mengiyakan Deddy sambil menambahkan tips untuk membangun relasi sebanyak mungkin. Hans juga menekankan untuk mengutamakan membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa.

“Akan lebih mudah (merealisasikan rencana karir, Red) kalau kalian dikelilingi oleh orang-orang yang satu frekuensi,” ujar Hans. (*)

 

Penulis: Ciptaning Ayu

Editor: Binti Q Masruroh

Sumber : unair.ac.id/alumni-feb-unair-beberkan-rahasia-rencana-karir-untuk-mahasiswa

 

 

Tags :