IKA UNAIR Tekankan Pentingnya Jejaring dalam Berkarier Thursday, 26 October 2023 08:14

UNAIR NEWS – Momen wisuda sering kali dianggap sebagai akhir dari sebuah perjalanan. Akan tetapi, tidak bagi Drs Esc Putut Sri Muljanto MM CMA. Perwakilan Ketua PP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga (UNAIR) itu mengatakan bahwa momen wisuda menjadi langkah awal dari perjalanan yang sesungguhnya.

Hal itu ia sampaikan bertepatan dengan momen pengukuhan 1.382 wisudawan oleh Rektor UNAIR, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak. Acara wisuda periode 234 itu berlangsung pada Sabtu (14/10/2023) di Gedung Airlangga Convention Center, Kampus MERR-C UNAIR.

“Wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan menjadi langkah awal dari sebuah perjalanan panjang yang telah menanti di depan Anda,” ujar Putut.

 

Pentingnya Jejaring
Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR itu meneruskan, untuk menyongsong karier nantinya, jejaring merupakan salah satu aspek yang paling penting. Untuk itu, para wisudawan UNAIR dapat memanfaatkan IKA UNAIR sebagai wadah untuk menumbuhkan jejaring. Terlebih lagi, para anggota IKA UNAIR terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi, pejabat pemerintahan, hingga pelaku bisnis.

“Jejaring memegang peran penting bagi dunia masa depan. Untuk jejaring (networking) Anda bisa memanfaatkan IKA UNAIR yang berasal dari berbagai kalangan. Ada akademisi, pejabat pemerintahan, pebisnis, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Lebih lanjut, Putut mengatakan bahwa setiap wisudawan tentu memiliki karier impian masing-masing. Ia berpesan agar para wisudawan UNAIR senantiasa menjalankan pilihan kariernya dengan baik dan penuh tanggung jawab. 

“Ada yang mungkin sudah siap bekerja baik di swasta maupun pemerintahan. Ada juga yang memilih berbisnis menjadi entrepreneur. Apa pun pilihan Anda, lakukanlah yang terbaik dan penuh tanggung jawab,” pesan Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III itu.

Putut menekankan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diamalkan oleh lulusan dalam berkarier. Hal itu antara lain adalah menjalankan pekerjaan dengan tepat waktu, selalu membawa pengaruh positif bagi sekitar, serta selalu fokus bekerja pada solusi.

“Selalu lakukan tugas dengan baik, berikan terbaik. Jadilah jembatan untuk semua dengan selalu membawa pengaruh positif pada lingkungan sekitar. Fokus pada solusi, bukan masalah,” tegasnya.

Menutup sambutannya, Putut kembali mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan. Ia juga menyambut dengan hangat para wisudawan untuk berjejaring dan bergabung menjadi bagian dari IKA UNAIR.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat atas kelulusannya. Selamat bergabung dengan IKA UNAIR. Kami siap menjadi wadah silaturahmi para alumni UNAIR dari berbagai angkatan yang tersebar di seluruh Indonesia,” tegasnya.

 

Penulis: Yulia Rohmawati

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/ika-unair-tekankan-pentingnya-jejaring-dalam-berkarier

Tags :