AWCS Bersama IKA UNAIR PCI UK Gelar Webinar Kesehatan Mental Tuesday, 07 November 2023 02:47

UNAIR NEWS – 123rd Airlangga Webinar Conference in Collaboration (AWCS) bersama Ikatan Alumni Universitas Airlangga Pengurus Cabang Istimewa (PCI) United Kingdom (UK)  gelar webinar berjudul Postgraduate Health Science Research Showcase. Acara itu berlangsung secara daring melalui zoom meeting pada Sabtu (28/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Clarissa Magdalena dr MSc seorang pemateri yang ahli dalam bidangnya. Pada awal pemaparan materinya, Clarissa menerangkan bahwa kesehatan mental bagi ibu hamil itu sangat penting.

“Kesehatan mental bagi ibu hamil itu sangat penting. Karena, jika kesehatan mental pada ibu hamil kurang, bisa menyebabkan stunting, bayi prematur, dan lain-lain,” terang Clarissa.

 

Kesehatan Mental Ibu Hamil
Clarissa mengatakan, berdasarkan data, saat ini Indonesia sudah mulai memperhatikan kesehatan mental ibu hamil. Namun, lanjut Clarissa, hal itu masih belum menjadi prioritas. Hal itu terbukti, pada tahun 2019 1 dari 50 wanita hamil di Indonesia terkena depresi.

“Saat ini, pemerintah Indonesia memang sudah mulai memperhatikan kesehatan ibu hamil, dan itu juga sudah lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, hal tersebut belum menjadi prioritas. Padahal, menjaga kesehatan mental bagi ibu hamil sangat penting bagi keberlangsungan generasi berikutnya,” tutur alumni FK UNAIR itu.

Clarissa menambahkan, semoga kesehatan mental bagi ibu hamil terus meningkat prioritasnya agar tidak ada lagi kasus seperti stunting.

 

Kolaborasi Berbagai Pihak
Selanjutnya Clarissa juga menjelaskan, kesehatan mental bagi ibu hamil itu bisa menjadi prioritas, namun perlu kolaborasi dari berbagai pihak. Pihak tersebut, lanjut Clarissa, adalah para psikiater, KEMENKES, organisasi kemasyarakatan, dan para pakar bidang kesehatan mental ibu hamil.

“Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan para pihak yang bersangkutan saling berdiskusi dan bekerjasama untuk membahas hal itu. Sehingga, nantinya kesehatan mental bagi ibu hamil bisa diprioritaskan,” jelas Clarissa.

Pada akhir, Clarissa juga mengatakan setelah kolaborasi dilakukan perlunya kebijakan yang jelas dan penugasan secara terstruktur oleh KEMENKES terkait aktor yang menangani kesehatan mental pada ibu hamil tersebut.

 

Penulis: Muhammad Rizal Abdul Aziz

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/awcs-bersama-ika-pci-uk-gelar-webinar-kesehatan-mental

Tags :