Sumpah Pemuda, Alumni FH UNAIR Terbitkan Buku untuk Anak Muda Tuesday, 21 November 2023 05:08

UNAIR NEWS – Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan jejak sejarah nyata para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan bangsa. Kekuatan perkonsolidasian para pemuda di Indonesia kala itu merupakan sebuah bukti, bahwa potensi pemuda untuk mengubah bangsa sangatlah besar. Mengenai hal itu, UNAIR NEWS berhasil mewawancarai salah satu tokoh pemuda alumni UNAIR pada Jumat (3/11/2023).

Himas Muhammady Imammullah El Hakim SH MH, seorang alumni Fakultas Hukum (FH) UNAIR. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Cak Hakim, panggilan akrabnya, baru saja menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Indonesia Negara Pemuda.”

Cak Hakim mengatakan, alasan ia untuk menulis buku tersebut adalah sebagai bentuk tanggung jawab moral. Terlebih atas pengetahuan, ilmu, dan pengalaman yang telah ia dapatkan.

“Saya menulis buku ini karena saya merasa memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan ilmu dan pengalaman yang saya peroleh untuk anak muda junior saya. Saya berharap para pemuda yang membaca buku ini bisa mendapatkan pengetahuan dan semangat baru dalam melanjutkan perjuangan,” tutur Mantan Presiden BEM UNAIR itu.

 

Potensi Anak Muda
Cak Hakim menerangkan, masa muda merupakan masa yang sangat berharga dan penuh potensi. Hal itu, lanjut Cak Hakim, pada masa itu anak-anak muda mendapatkan kesempatan untuk mencari pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Masa muda adalah masa yang sangat berharga, karena pada masa ini anak-anak muda masih memiliki kemewahan idealisme yang tinggi dan energi yang melimpah. Oleh karena itu, masa muda harus kita manfaatkan semaksimal mungkin,” tutur Cak Hakim.

Cak Hakim menambahkan, namun seringkali pada realita yang ada, anak muda dianggap sebagai objek semata. Hal itu, lanjutnya, membuat anak muda tidak terlibat serius pada banyak sektor. 

 

Anak Muda untuk Indonesia
Pada akhir wawancara Cak Hakim menjelaskan, potensi besar para anak muda jika tidak termaksimalkan untuk kemajuan bangsa Indonesia akan sangat disayangkan. Oleh karena itu, lanjutnya, dengan buku ini Cak Hakim berharap, para anak muda terus aktif dan semangat demi memajukan Indonesia.

“Orang tua tidak bisa kembali muda, karena waktu tidak dapat diubah. Hal itu yang harus kalian ingat teman-teman sekalian. Teruslah meningkatkan keilmuan dan pengalaman kalian, baik di kampus maupun di luar kampus agar menjadi SDM yang matang untuk Indonesia emas 2045,” pungkas Cak Hakim.

 

Penulis: Muhammad Rizal Abdul Aziz

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/sumpah-pemuda-alumni-fh-unair-terbitkan-buku-untuk-pemuda

Tags :