DPKKA dan ACIC BEM FST Kolaborasi Gelar ‘Careerpreneur Talks’ Tuesday, 21 November 2023 05:11

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) dan Airlangga Career and Internship Club (ACIC) BEM FST UNAIR berkolaborasi untuk menyelenggarakan ‘Careerpreneur Talks’. Kegiatan tersebut terselenggara pada Minggu (5/11/2023) dan bertempat di Gedung Kuliah Bersama, Kampus MERR-C, Universitas Airlangga. 

Pada acara ‘Careerpreneur Talks’ kali ini fokus membahas dua tema besar yaitu strategi menyusun karir untuk kehidupan pascakampus dan tips berwirausaha untuk mahasiswa. Untuk membahas kedua tema tersebut, DPKKA dan ACIC UNAIR mengundang dua pembicara yang merupakan alumni dari Universitas Airlangga. Kedua pemateri itu adalah Arief Wiratama Putra dan M. Fairuzzudin Zuhair. 

 

Indikator dari Prestasi 
Salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut yaitu Arief Wiratama Putra membawakan materi seputar membangun karir pascakampus dengan tema “Achieving Greatness Through Student Success”. Arief Wiratama merupakan alumni dari Fakultas Psikologi UNAIR dan kini berkarir sebagai Business Development Officer PT Micro Madani Institute.

“Membangun karir merupakan hal yang tidak mudah sehingga perlu persiapan sejak awal dan sedini mungkin,” ujar Arief Wiratama dalam membuka materinya.

Ia menjelaskan bahwa setiap mahasiswa harus memiliki indikator prestasinya sendiri karena setiap orang memiliki standar yang berbeda. “Indikator prestasi itu bisa kita simpulkan dari apa yang ingin kita capai dan apa yang membatasi kita dengan pencapaian tersebut. Sebagai individu kita harus paham diri kita sendiri butuhnya apa. Setiap orang punya standar prestasi masing-masing,” jelas Arief.

 

Relasi dan Komunikasi
Dalam kesempatan tersebut, Arief Wiratama juga menyampaikan tips terkait membangun karir kepada para peserta ‘Careerpreneur Talks’. Menurut Arief, ada 2 hal yang penting dalam membangun karir yang baik yaitu relasi dan komunikasi. 

“Selama ini mungkin kata relasi bisa bermakna bermakna negatif bagi teman-teman yang menganggap relasi sebagai ‘orang dalam’. Tetapi, pada kenyataannya relasi itu penting untuk menambah potensi dan peluang kita untuk bisa lebih dulu dan unggul dalam memulai karir,” ungkap Arief.

Arief kemudian menyampaikan terkait kemampuan berkomunikasi yang menjadi kunci penting dalam membangun karir yang baik. Menurutnya, banyak fresh graduate zaman sekarang yang memiliki kompetensi pada bidang tertentu, tetapi kurang baik dalam berkomunikasi.

“Komunikasi adalah tantangan terbesar bagi fresh graduate. Saya banyak menemui orang-orang yang CV-nya bagus tapi ketika masuk ke tahap wawancara sangat kurang dalam kemampuan berkomunikasi. Jadi menurut saya, komunikasi adalah kemampuan penting yang harus dilatih sebelum memasuki dunia kerja,” pungkas Arief Wiratama.

 

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/dpkka-dan-acic-bem-fst-kolaborasi-gelar-careerpreneur-talks

Tags :