Ikatan Alumni Psikologi UNAIR Gelar Webinar Penggunaan AI di Dunia Kerja Monday, 11 December 2023 08:37

UNAIR NEWS – Ikatan Alumni Psikologi Universitas Airlangga (Apsilangga) menggelar Webinar for Charity bertajuk “How AI can help use in career and business?”. Series webinar keempat tersebut mengusung topik penggunaan AI dalam dunia kerja.

Webinar yang terselenggara pada Sabtu (18/11/2023) menggandeng IKA (Ikatan Alumni) UNAIR Tulungagung. Kolaborasi tersebut tercipta untuk mendukung program pengadaan air bersih di Desa Tanggarejo, Tulungagung. 

Bersama Dr Ferry Wirawan Tedja MPsi alumni Psikologi UNAIR, diskusi tentang peluang kehadiran AI untuk karir dan bisnis tersampaikan secara interaktif melalui zoom meeting. Selain itu, hadir juga perwakilan Jobstreet dan Terapkan AI memberikan informasi serupa.

Ferry sapaan akrabnya menyebutkan penggunaan AI untuk bekerja masih tergolong jarang. Lebih sering, tambahnya, orang-orang menggunakan AI hanya sebagai akses memudahkan kegiatan sehari-hari.

“Kehidupan orang-orang zaman sekarang tidak pernah terlepas dari penggunaan AI. Sadar atau tidak setiap harinya mereka mengandalkan kemajuan teknologi tersebut,” tuturnya.

Peluang Kerja Menggunakan AI
Ferry menjelaskan penggunaan AI ketika bekerja memberikan peluang besar terhadap kinerja karyawan. Dia memberikan contoh melalui salah satu kebiasaan pekerja yang kesulitan menentukan prioritas mengerjakan tugas. Menurutnya AI dapat membantu mengurutkan tugas kerja yang harus segera terselesaikan.

“Sekarang sudah ada AI yang bisa menganalisis jadwal kerja, membuat jadwal pertemuan dengan klien, dan menentukan prioritas pekerjaan. Kemudahan tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat rencana kerja,” jelasnya.

Penyusunan rencana dan jadwal kerja yang baik, sambung Ferry, berpengaruh terhadap cara seseorang bertanggung jawab pada pekerjaan. “AI sebagai pembuatan jadwal kerja dapat menjadi pengingat pekerjaan yang harus terselesaikan. Dengan begitu tidak ada lagi alasan keterlambatan dalam pengerjaannya,” ungkapnya.

Pembahasan Ferry berikutnya menyinggung terkait kemungkinan perubahan cara kerja. Baginya secara perlahan semua bidang pekerjaan mulai memanfaatkan AI.

“Kepentingan dan dampak penggunaan AI terlihat pada banyaknya jenis industri yang sudah memanfaatkan kecanggihan ini. Kita dapat melihatnya pada bidang keuangan, kesehatan, pendidikan, manufaktur, maupun entertainment yang selalu berhubungan dengan AI,” terangnya.

Beberapa industri yang sudah mulai beralih pada AI, menurut Ferry memungkinkan untuk jenis pekerjaan lain juga akan mengandalkan AI. Dia menyimpulkan penggunaan AI seperti ini akan membuat hidup manusia terbiasa dengan teknologi.

“Cara kerja yang berubah setelah kehadiran AI memungkinkan kehidupan sehari-hari masyarakat bersinggungan terhadap teknologi. Bisa jadi nantinya ketika terdapat kendala pengaksesan AI maka menimbulkan kekacauan,” tutupnya.

 

Penulis: Iratri Puspita

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/ikatan-alumni-psikologi-unair-gelar-webinar-penggunaan-ai

Tags :