DPKKA Ajak Kenali Dunia Freelance Melalui Webinar “Freelance Graphic Designer X Ralali” Thursday, 28 December 2023 06:16

\

UNAIR NEWS – DPKKA kembali gelar Airlangga Entrepreneur Club (AEC) ajak mahasiswa kenali dunia freelance melalui webinar kerjasama dengan Ralali Group. Webinar tersebut terlaksana secara daring melalui Zoom Meeting pada Selasa (13/12/2023). 

Bertemakan “Unlocking Passive Income for Freelance Graphic Designer”, webinar tersebut menghadirkan Fajar Pursigit, Creative Marketing Coordinator dari Ralali Group. Sekitar 120 peserta hadir dalam Zoom Meeting yang terdiri dari mahasiswa dan alumni UNAIR yang memiliki minat terhadap dunia desain grafis.

 

Meningkatkan Kemampuan Kerja

Sebagai pembuka kegiatan webinar, Prof Dr Elly Munadziroh drg MS menyampaikan pidato untuk menyambut narasumber dan membahas tujuan kegiatan dari DPKKA tersebut. Prof Elly menyampaikan bahwa kegiatan itu termasuk dalam program rutin dari DPKKA yaitu Airlangga Entrepreneur Club. Kegiatan itu bertujuan memberikan wawasan dan menyiapkan mahasiswa atau alumni Universitas Airlangga dalam menghadapi dunia kerja.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari DPKKA yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja dari lulusan Universitas Airlangga. Saat ini karena adanya program kampus merdeka, maka sudah saatnya juga merdeka dalam berkarir. Salah satu contoh untuk bisa merdeka berkarir adalah dengan bekerja sebagai freelancer,” ujar Prof Elly. 

Prof Elly menambahkan bahwa memulai karir sebagai freelancer desain merupakan salah satu sarana untuk mencari pengalaman sebelum benar-benar terjun dalam perusahan korporat. Menurutnya, hal tersebut adalah sebuah opsi karir yang patut dicoba oleh mahasiswa masa kini.

 

Belajar Desain Grafis
Selanjutnya, Fajar Pursigit sebagai narasumber menyampaikan materi seputar “Unlocking Passive Income for Freelance Graphic Designer”. Fajar merupakan desainer grafis profesional yang telah berkarir selama 5 tahun dan memiliki spesialisasi dalam branding desain logo, visual media sosial, dan desain kemasan. 

“Menjadi seorang desainer grafis itu tidak perlu jago menggambar. Tugas sebenarnya dari seorang desainer grafis adalah menciptakan komposisi yang menarik untuk menjual produk, layanan, atau mempromosikan sebuah pesan pada audiens,” ungkap Fajar membuka presentasinya. 

Fajar juga menuturkan bahwa salah satu hal penting sebelum memulai karir sebagai freelancer desain grafis adalah menyusun portofolio desain. “Portofolio itu penting agar klien tertarik dan percaya untuk pakai jasa desain kita. Oleh karena itu, mulailah mencoba unggah hasil karya desain ke media sosial sebagai sarana branding ke calon klien kita,” pungkas Fajar. 

 

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/dpkka-ajak-kenali-dunia-freelance-melalui-webinar-freelance

Tags :