Senior Manager Apple Inc Bagikan Career Journey dan Tips Membangun Personal Branding Wednesday, 24 January 2024 09:12

UNAIR NEWS – Siapa yang tidak ingin memiliki karir yang cemerlang di dunia kerja? Tentu semua orang memimpikan akan hal tersebut. Akan tetapi, bagaimana kita bisa membangun karir yang cemerlang tersebut? Dan bagaimana orang yang memiliki karir cemerlang memulai semua yang sudah ia miliki sekarang?

Guna dapat memberikan kisah inspiratif sekaligus tips membangun karir yang cemerlang di dunia kerja, Airlangga Global Engagement menyelenggarakan seminar bertajuk Personal Branding: The Key to Unlock International Career and Study Opportunities. Seminar yang diselenggarakan pada Selasa (16/01/2024) tersebut mengundang Ari Sufiati, selaku senior project manager Apple Inc. sebagai pembicara.    

 

Career Journey
Dalam acara yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai kalangan tersebut, Ari sapaan akrabnya menceritakan bagaimana ia bisa mencapai titik yang sekarang. Berasal dari keluarga yang sederhana ia tentu harus memulai semuanya dari bawah. Ia memulai karirnya dengan mengikuti ketertarikannya pada bidang jurnalistik.

“Saya memulai karir dengan mengikuti passion dan roots saya sebagai mahasiswa komunikasi yaitu pada bidang jurnalistik. Tapi seiring berjalannya waktu saya sebagai manusia harus bisa realistis bahwa saya ingin meningkatkan taraf hidup saya,” ujar Ari.

“Selesai menjadi jurnalis, saya memulai karir baru saya pada bidang yang baru juga yaitu bidang properti di Amerika karena mendapat kesempatan. Apakah saya mengerti tentang properti pada saat itu? Tentu tidak. Tapi saya harus terus belajar,” jelasnya.

Memiliki kinerja yang bagus tentu membuatnya dilirik oleh korporasi-korporasi besar di Negeri Paman Sam tersebut. Tidak main-main, dalam waktu yang sama Ari mendapatkan dua tawaran untuk bekerja di perusahaan sebesar Apple dan Yahoo.

“Apple dan Yahoo mengontak saya lewat linkedin pada waktu itu. Walau Yahoo menawarkan gaji yang lebih besar tetapi saya lebih memilih Apple dan tidak sebagai full time. Karena Apple adalah perusahaan yang lebih besar,” ucapnya.

 “Prinsipnya adalah ketika kalian sudah memulai semuanya dengan standar yang tinggi, maka untuk tahap selanjutnya kalian bisa melanjutkan ke tahap yang lebih tinggi lagi. Tapi ketika kalian mulai dari tahap yang biasa-biasa saja, maka perusahaan akan bisa melakukan negosiasi kepada kalian dengan standar yang mungkin lebih rendah,” tambahnya.

 

Bangun Personal Branding 
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa personal branding adalah hal yang sangat penting di era sekarang. Dengan membangun personal branding yang baik, kita dapat membuat perusahaan-perusahaan yang ada melirik kita dengan segala keunikan yang kita miliki. Namun bagaimana cara membangun personal branding yang baik? Dalam pemaparan materinya, Ari menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga unsur penting guna membangun personal branding kita yaitu passion, proposition, dan sosial media.

Passion berarti perasaan yang sangat mendalam dan positif terhadap sesuatu, kegiatan, atau tujuan tertentu. Orang yang memiliki passion akan merasa antusias dan termotivasi ketika terlibat dalam aktivitas atau bidang yang berkaitan dengan passion mereka.

“Kalau mau bangun personal branding, kalian harus punya passion dulu. Kalau sampai tidak punya ya sulit, karena ini pondasi utamanya,” ujarnya.

Lalu ada proportion, menurutnya ini juga penting guna menemukan proporsi yang pas untuk mempromosikan diri kita. “Jutaan orang di luar sana memiliki ketertarikan di bidang yang sama dengan kalian. Dan kalian semua bisa jadi memiliki kemampuan yang mirip-mirip. Bangun keunikan diri kalian dalam konteks pekerjaan dan skill kalian, temukan proporsi yang pas untuk mempromosikan diri kalian,” jelasnya.

Ari juga mengingatkan untuk selalu menggunakan sosial media dalam membangun personal branding. Dengan adanya sosial media maka awareness tentang diri kita akan lebih mudah dijangkau oleh orang lain. Maka dari itu mulai gunakan social media yang kita punya untuk membangun karir kita dan lebih bijak lagi dalam mengunggah konten yang kita punya.

 

Penulis: Naufal Hilmi F.

Editor: Khefti Al Mawalia. 

Sumber : unair.ac.id/senior-manager-apple-inc-bagikan-career-journey-dan-tips-membangun-personal-branding

Tags :