DPKKA Adakan Webinar Bahas Pentingnya Keterampilan Komunikasi Friday, 23 February 2024 14:28

UNAIR NEWS – DPKKA (Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni) UNAIR adakan webinar Airlangga Career and Internship Club (ACIC), pada Kamis (25/1/2024). Webinar kali ini bertajuk “Speak Up, Stand Out: Mengasah Keterampilan Komunikasi di Era Digital” membahas pentingnya memiliki skill komunikasi terutama bagi generasi muda.

Webinar yang terlaksana secara daring melalui kanal Youtube dan Zoom Meeting ini, mengundang Danar Indra M Ikom, Founder sekaligus CEO startup Carabicara yang berfokus pada bidang skill communication dan public speaking. Dalam pembukaan materi, ia menyampaikan pentingnya memiliki keterampilan komunikasi terutama bagi anak muda yang akan masuk dalam dunia kerja. 

 

Pentingnya Skill Komunikasi

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik merupakan kebutuhan dalam dunia kerja, salah satunya saat proses wawancara atau interview. Namun, dalam proses tersebut masalah yang kerap muncul adalah tidak percaya diri atas prestasi atau kemampuan.

“Bagaimana bisa memberitahu potensi dan keahlian yang kamu punya kepada HRD atau interviewer saat wawancara, jika tidak memiliki kemampuan komunikasi”, ujarnya.

Danar, sapaan akrab pemateri lebih lanjut menjelaskan bahwa keterampilan komunikasi yang baik berperan besar dalam membuka kesempatan dalam dunia kerja. Menurutnya, keahlian dan kemampuan dalam bidang apapun tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik maka itu semua tidak berarti.

“Komunikasi adalah gate away, ketika punya kemampuan komunikasi yang baik. At least you already have 50% peluang untuk lolos dan lebih unggul”, jelasnya.

 

Komunikasi Non Verbal
Tak hanya menekankan pada pentingnya memiliki kemampuan komunikasi verbal saja, Danar juga membagikan tips memiliki komunikasi non-verbal yang baik dalam menghadapi recruiter, khususnya bagi anak muda yang akan memasuki dunia kerja.

Ia menyampaikan terkait formula sepuluh pangkat tiga. Dalam penyampaiannya terdapat tiga poin. Pertama 10 Meter of Sensing adalah 10 meter pertama, recruiter akan melihat penampilan.

“Kedua, 10 inch of Feeling adalah komunikasi non-verbal dari gestur yang kita lakukan. Mulai dari cara bersalaman, tatapan mata saat wawancara itu sebagai feel yang HRD atau recruiter rasakan”, jelas Danar.

Ketiga, sambungnya, 10 sentences of Proving adalah tahapan validasi terhadap CV pelamar saat proses wawancara. Selanjutnya, menurut Danar, kesan pertama itu sangat berpengaruh. Ia juga menyampaikan, bahwa memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam dunia kerja profesional akan memudahkan dalam karir.

“Komunikasi itu fundamental dan kamu harus menguasainya, karena tanpa skill komunikasi, kamu bukan siapa-siapa”, tutupnya.

 

Penulis: Tsaqifa Farhana W

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/dpkka-adakan-webinar-bahas-pentingnya-komunikasi

Tags :