Girls Beyond Bareng DPKKA Gelar GEN Z CONNECT Friday, 23 February 2024 14:29

 

UNAIR NEWS – Bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA), Girls Beyond menggelar webinar berjudul ‘GEN Z CONNECT’. Webinar tersebut terlaksana secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat (27/1/2024). 

Bertemakan “After Graduation: How to Prepare Your Next Chapter?”, webinar tersebut menghadirkan Adinda Nindyachandra, CEO & Producer ASKARA. Sebanyak 150 peserta hadir dalam Zoom Meeting terdiri dari mahasiswa UNAIR dan beberapa freshgraduate yang berminat mengikuti diskusi terkait pengembangan diri dan karir.

 

Perencanaan Karir
Kegiatan ‘GEN Z CONNECT’ merupakan kegiatan kerja sama antara platform digital Gen Z yaitu Girls Beyond dengan beberapa universitas di Surabaya untuk mengadakan webinar terkait pengembangan diri dan karir. Dalam acara kali ini, Girls Beyond tidak hanya menggandeng DPKKA UNAIR, tapi juga bekerja sama dengan BEM Universitas Airlangga.

Topik utama dalam webinar kali ini membahas tentang merencanakan karir setelah lulus dari dunia perkuliahan. Salah satu poin awal perencanaan karir yang Adinda Nindyachandra sampaikan sebagai pemateri dalam webinar tersebut adalah menentukan tujuan dalam berkarir.

“Tujuan itu penting. Kita nggak akan bisa bergerak kalau nggak ada tujuannya,” ungkap Adinda sebagai pembuka dari sesi webinar tersebut. Menurut Adinda yang juga merupakan dosen, mengenali potensi dan minat diri sendiri sangat penting untuk menentukan karir masa depan. 

“Langkah awal untuk menentukan tujuan adalah dengan mengenali potensi dan minat diri. Harus berani untuk jujur dengan diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kita mau. Jangan bertahan dengan situasi yang membuat kita tidak berkembang,” ujar Adinda. 

 

Memaksimalkan Potensi Diri
Dalam kesempatan tersebut, Adinda menyebutkan bahwa dalam dunia kerja terdapat banyak kompetitor sehingga individu harus memiliki pembeda agar dapat bersaing. Menurutnya, salah satu cara untuk menjadi individu yang otentik dan dapat bersaing adalah memiliki diversifikasi kemampuan. 

“Mulai untuk keluar dari zona nyaman. Mulai kuasai skill yang berbeda atau biasa saya sebut diversifikasi kemampuan agar kita bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Selain itu, kita juga dapat mengembangkan kemampuan baru yang dapat memaksimalkan potensi diri kita,” papar Adinda. 

Selanjutnya, Adinda juga menyebutkan bahwa Gen Z wajib menguasai beberapa kemampuan yang dapat membantu untuk mencari pekerjaan di zaman sekarang. “Ada 2 jenis skill yaitu yang pertama adalah hard skill yang bisa dipelajari dengan mudah di zaman sekarang seperti copywriting, desain grafis, analis data. Lalu yang tidak kalah penting yaitu soft skill seperti kepemimpinan dan self-starter,” ungkap Adinda dalam sesi tanya jawab webinar tersebut.

 

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/girls-beyond-bareng-dpkka-gelar-gen-z-connect

Tags :