Mengenal Lebih Jauh Prodi Sosiologi UNAIR dan Prospek Karirnya Friday, 08 March 2024 09:13

UNAIR NEWS – Prodi Sosiologi merupakan departemen pertama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR). Departemen Sosiologi turut menjadi program studi yang inovatif dan unggul dalam bidang pembelajaran, penelitian, dan pengembangan sosiologi untuk tujuan perencanaan sosial, pembangunan, pemecahan masalah-masalah sosial,

Koordinator Prodi S1 Sosiologi Dr Septi Ariadi Drs MA menyampaikan kurikulum yang komprehensif dan dinamis sengaja diciptakan demi membekali mahasiswa dengan berbagai keterampilan teknis, dan kesempatan pengembangan ilmu terapan yang dapat dieksplorasi oleh mahasiswa. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan, tenaga pengajar berpengalaman dan kompeten. 

“Beberapa keunggulan belajar di Sosiologi UNAIR adalah mahasiswa akan diajak berinteraksi dan belajar langsung dari masyarakat melalui penelitian lapangan yang ditempuh saat mengambil mata kuliah Tipologi Sosial dan Sosiologi Pedesaan,” jelasnya.

 

Pengakuan dan Akreditasi Prodi
Lebih jauh Septi menjelaskan, kegiatan departemen turut mendukung prodi Sosiologi bersinergi ke dalam lingkup keilmuan di tingkat internasional maupun nasional. Terbukti prodi Sosiologi UNAIR kembali meraih peringkat tiga nasional versi QS WUR by Subjects. Lalu berhasil meraih akreditasi internasional, Accreditation Service for International Schools, Colleges Universities.

Menanggapi hal tersebut ia mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih. Pihaknya tetap berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja terbaiknya dari tahun ke tahun. Baginya ranking hanya bonus, yang terpenting dalam proses perkuliahan adalah menempatkan mahasiswa sebagai subjek pembelajaran dan peduli bagaimana menjamin kualitas proses pembelajaran tersebut.

 

Prospek Karir Prodi
Selama empat tahun masa kuliah, Sosiologi UNAIR mendukung program-program nasional maupun internasional. Mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester tertentu. Mahasiswa yang ikut serta bisa mendapatkan pengakuan kredit semester atau konversi.

Terkait prospek kerja nantinya bergelar S Sosio, memiliki peluang untuk berkarir di bidang sosiolog profesional yang akan menjadi sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi di area-area spesifik seperti: dosen, guru, manajer perusahaan, konsultan publik, peneliti sosial, jurnalis, tenaga ahli di sektor pemerintahan, pengusaha, dan aktivis partai politik. 

“Terlepas sesuai dengan tujuan departemen, sarjana sosiologi UNAIR memiliki kemampuan yang handal baik di bidang akademik maupun profesi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan, keterampilan, sikap sesuai nilai-nilai dasar Pancasila dan nilai-nilai luhur,” jelasnya

 

Penulis: Mutiara Rachmi Karenina

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/mengenal-lebih-jauh-prodi-sosiologi-unair-dan-prospek-karirnya

Tags :