Cam Tech, Perusahaan Jepang Buka Kesempatan Magang dan Berkarir Friday, 08 March 2024 09:17

UNAIR NEWS– Universitas Airlangga (UNAIR) semakin mengokohkan eksistensinya dalam kerjasama internasional. Pertemuan ini membahas peluang magang bagi mahasiswa UNAIR di Jepang. UNAIR bekerjasama dengan Cam Tech, perusahaan asal Jepang, dalam pertemuan strategis di Ruang Bali, ASEEC Tower pada Senin (22/01/2024).

Hadir dalam acara itu Ryoon Monguchi selaku Owner dan Yasuhiro Oyama selaku Manager Cam Tech. Mewakili UNAIR yaitu Lina Nugraha Rani SE MSEI selaku Kasi Pengembangan Karir, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR. Mengundang beberapa fakultas yang hadir seperti Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Teknologi Maju Multidisiplin (FTMM). 

 

Buka Kesempatan
Monguchi menyampaikan, pihaknya membuka kesempatan bagi mahasiswa UNAIR untuk berkarir di perusahaan kami. Saat ini Cam Tech telah berhasil memperoleh ratusan triliun rupiah omset pendapatan perusahaan. Pihaknya ingin meningkatkan kualitas pekerja dengan  merekrut kandidat dengan tingkat pendidikan lebih tinggi. 

“Selama ini tenaga kerja yang berasal dari Indonesia rata rata merupakan lulusan SMK. Kami ingin merekrut sumber daya dengan pendidikan tinggi, tujuannya untuk memberikan peluang karir yang lebih besar kedepannya,” ujarnya.

Jenjang Karir

Selain itu, Oyama,juga merupakan penanggung jawab Human Resource Development (HRD) untuk pekerja internasional, menambahkan, proses seleksinya melibatkan beberapa tahap. Adapun tahap pendaftaran individu, wawancara, dan magang selama setengah tahun hingga satu tahun dengan uang kompensasi kerja. 

“Kami berencana meningkatkan level pendidikan kandidat, dan rekrutan akan diuji coba. Jika kompeten, akan disalurkan ke perusahaan di bawah holding kami,” sambungnya.

Oyama menyoroti kebutuhan perusahaan akan tenaga informatika dengan kemampuan bahasa Jepang yang baik. Pihaknya juga menekankan jika untuk kemampuan bahasa jepang, standar yang diterapkan dibawah N2 dan diwajibkan N2 jika melamar di posisi penerjemah.

“Kami mencari tenaga informatika yang mahir bahasa Jepang, terutama untuk posisi UI/UX. Saat ini, kami sedang mempersiapkan kantor di Indonesia dan akan membuka kesempatan bagi staf Indonesia sebagai jembatan bagi pekerja Indonesia di perusahaan kami,” tuturnya.

 

Jembatani Mahasiswa
Pada kesempatan tersebut, Lina mengungkapkan, jika UNAIR terbuka dan akan memberikan rekomendasi mahasiswa yang kriteria untuk bisa menggunakan kesempatan tersebut. Baginya ini adalah salah satu jalan para mahasiswa untuk memiliki pengalaman karir di industri Jepang. UNAIR juga bersedia dalam partisipasi job fair yang akan diadakan Cam Tech kedepannya.

“UNAIR mendukung inisiatif ini dengan membuka peluang karir global. Kami juga siap menjadi jembatan bagi mahasiswa yang ingin berkarir di Jepang,” pungkasnya. 

 

Penulis: Satriyani Dewi Astuti

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/cam-tech-perusahaan-jepang-buka-kesempatan-magang

Tags :