Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNAIR Berkesempatan Menjalani Global Experience di USA Friday, 08 March 2024 09:27

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) memberi kesempatan kepada mahasiswa mengikuti Global Career Challenge (GCC). Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi pemenang pertama untuk menjalani global experience di United States pada November mendatang.

Kesempatan emas itu tidak Wahidah Mevi Nihayah lewatkan begitu saja. Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga ini turut mengikuti program Global Career Challenge. Melalui program tersebut Mevi sapaan akrabnya berhasil menerima award Global Experience Program di Amerika Serikat.

Pengalaman itu Mevi sampaikan kepada tim UNAIR NEWS melalui wawancara via pesan elektronik pada Rabu (24/1/2024). Dia menjelaskan bahwa Global Career Challenge merupakan program dari IKA (Ikatan Alumni) UNAIR USA untuk membantu mahasiswa mempersiapkan global career.

“Global Career Challenge, seperti namanya, program ini membantu mahasiswa UNAIR untuk mempersiapkan karier. Kami mendapatkan pembekalan bagaimana cara membuat CV, personal branding, dan tips job application dari alumni UNAIR yang bekerja di USA,” jelasnya.


Kegiatan Global Career Challenge
Mevi menerangkan kegiatan Global Career Challenge berlangsung secara online selama dua bulan mulai November-Desember 2023. Melalui kegiatan tersebut dia merasakan simulasi proses rekrutmen di Boeing Company.

“Saya menjalani simulasi tahapan-tahapan melamar kerja di Boeing Company mulai dari mengirim CV sampai interview. Bahkan saya juga merasakan diwawancarai langsung oleh tiga orang dari Boeing yang kebetulan berasal dari Indonesia, Jepang, dan Korea. Oleh karena itu, saya jadi tahu ternyata seperti ini proses melamar kerja di perusahaan besar,” terangnya.

 

Mahasiswa Perlu Persiapan Karier
Mevi menyebutkan kegiatan Global Career Challenge yang dia ikuti merupakan pengalaman pertama. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, dia menjelaskan bahwa program ini dapat membantu menyiapkan karier setelah lulus kuliah.

“Sebagai mahasiswa akhir tentu saya merasa bingung ingin bekerja atau melanjutkan studi. Kalaupun ingin bekerja saya juga masih bingung mau melamar ke perusahaan mana. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengikuti GCC supaya dapat menyiapkan peluang karier,” pungkasnya.

 

Penulis: Iratri Puspita

Editor: Nuri Hermawan

Sumber : unair.ac.id/mahasiswi-ilmu-komunikasi-unair-ikut-global-experience

Tags :