Menilik Kunci Sukses Membangun Karir Bagi Mahasiswa Friday, 08 March 2024 13:23

UNAIR NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (UNAIR) bekerjasama dengan Kahf gelar seminar bertajuk “Development Career Program” pada Jumat (01/03/2024). Acara yang terselenggara secara luring di Gedung Kuliah Bersama Kampus Dharmawangsa-B tersebut menghadirkan M Aly Rizky selaku perwakilan produk Kahf dan Lina Nugraha Rani SE M SEI selaku Kasie Pengembangan Karir Departemen Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan alumni UNAIR.

 

Bangun Karir Bersama Mentor yang Tepat
Tidak ada hal yang instant di dunia ini, begitu pula dalam konteks mencapai kesuksesan. Semua harus dilakukan melalui proses yang cukup panjang, oleh karena itu sudah seharusnya menyiapkan karir sejak awal. Lina sapaan akrabnya terus mengingatkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk tidak bersantai-santai dalam membangun karir mereka. Semua harus disiapkan sedari awal dan terus membuka diri guna mengetahui passion kita.

“Mahasiswa sudah seharusnya mulai membangun karir mereka dari semester awal. Membangun karir bisa dimulai dari hal yang simple seperti melakukan branding diri lewat sosmed seperti Linkedin. Atau mungkin bisa ikut organisasi mahasiswa guna memperluas relasi dan tahu dimana passion kalian yang sebenarnya,” tutur Lina.

Lina juga menyarankan kepada seluruh peserta yang hadir pada hari itu untuk senantiasa mencari mentor yang tepat. “Mentor berperan penting dalam mengembangkan karir mahasiswa. Pemilihan mentor harus dilakukan dengan bijaksana, menyesuaikan dengan nilai dan tujuan diri masing-masing. Hadirnya mentor tidak hanya memberikan bimbingan, tetapi juga memperluas pandangan serta berbagi pengalaman. Dengan adanya mentor, mahasiswa dapat mempercepat pembelajaran dan pertumbuhan karir,” tambahnya.   

 

Kembangkan Kemampuan dan Penampilan Diri
Zaman berkembang dengan sangat cepat dan seiring berjalanya waktu persaingan juga semakin ketat. Oleh karena itu kita harus terus belajar dan mau membuka diri terhadap segala perubahan yang ada tersebut. Aly juga menegaskan bahwa mahasiswa harus terus belajar, membuka diri, dan jangan terlalu banyak alasan. 

“Sebagai anak muda, kalianlah yang harus bisa mengikuti adanya perubahan. Jangan bersikap enggan atas perubahan yang ada. Mahasiswa harus terus membuka diri dan belajar dari segala perubahan yang sifatnya menuntut ini. Jangan terlalu banyak alasan, selagi masih muda manfaatkan semua kesempatan kalian untuk menggali potensi,” tutur Aly.

Aly juga menambahkan bahwa meningkatkan penampilan secara fisik juga merupakan hal yang penting dalam membangun karir. “Zaman sekarang penampilan tidak kalah penting dengan kemampuan kita. Penampilan adalah hal paling pertama yang dilihat orang lain mengenai diri kita. Sebagai contoh apabila kita melakukan sesi interview dengan HR, ada baiknya kita mempersiapkan penampilan kita semaksimal mungkin agar interviewer ikut senang dan tertarik dengan kita,” ujarnya.

 

Penulis: Naufal Hilmi F

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/menilik-kunci-sukses-membangun-karir-bagi-mahasiswa

Tags :