UNAIR Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Pendukung Gerakan Zakat Thursday, 14 March 2024 12:20

UNAIR NEWS – Sivitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengukir prestasi. Baru-baru ini UNAIR berhasil meraih penghargaan  “Perguruan Tinggi Pendukung Gerakan Zakat” dalam gelaran Penganugerahan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Awards 2024 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis (29/2/2024). 

Dalam gelaran tersebut, Ketua Baznas Noor Ahmad menyampaikan Baznas Award merupakan gelaran tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang berperan dalam tata kelola zakat. Tahun ini, sebanyak 395 penghargaan akan disematkan kepada pihak yang berperan aktif dalam zakat di Indonesia. 

Dr Wisudanto SE MM CFP ASPM, ketua PUSPAS (Pusat Pengelolaan Dana Sosial) UNAIR, mengatakan bahwa  penghargaan itu merupakan penghargaan pertama UNAIR sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang mendukung program Badan Amil Zakat (BAZ). 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah memberikan penghargaan tersebut kepada UNAIR sebagai apresiasi para muzaki dan penggiat zakat di lingkungan UNAIR. Dengan harapan, UNAIR dapat mempertahankan penghargaan tersebut hingga tahun-tahun yang mendatang,” ujarnya. 

 

Peran UNAIR
Penghargaan tersebut diraih UNAIR bukanlah tanpa alasan. UNAIR telah berperan sebagai unit pengelola zakat (UPZ) serta mengakomodasi pengumpulan zakat melalui BAZ (Badan Amil Zakat) dan LAZ (Lembaga Amil Zakat). “Selain itu, UNAIR juga menyumbang berbagai penelitian di bidang zakat. Dengan harapan, zakat bukan hanya sebagai pemberdayaan. Namun, lebih dari itu, juga sebagai sustainability untuk membangkitkan umat pada umumnya,” imbuhnya. 

Dr Wisudanto menjelaskan, UNAIR terus berupaya untuk mempertahankan kerja sama yang baik dengan BAZ Provinsi Jawa Timur untuk merancang program-program zakat lainnya yang bertujuan untuk membantu umat masyarakat. Langkah selanjutnya, Dr Wisudanto melanjutkan, PUSPAS UNAIR akan melakukan sosialisasi mendalam kepada seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan keterlibatan pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat BAZ melalui PUSPAS UNAIR. 

“Penghargaan ini tak membuat kita berpuas diri dan akan terus melakukan peningkatan melalui program-program keberlanjutan zakat lainya serta sebagai wadah untuk meningkatkan iman kita kepada Allah SWT,” tegasnya. 

 

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Feri Fenoria

Sumber : unair.ac.id/unair-raih-penghargaan-perguruan-tinggi-pendukung-gerakan-zakat

Tags :