Cerita Mahasiswa Psikologi Sukses Jalani Double Degree di QUT Australia Thursday, 14 March 2024 13:15

UNAIR NEWS – Beradaptasi dengan cuaca yang sangat dingin menjadi salah satu tantangan bagi dua mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR) ini. Mereka adalah Zahra Rizqi Putri dan Qay Azneen. Keduanya adalah mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Psikologi yang saat ini menempuh studi double degree di Queensland University of Technology (QUT) Australia.

Keduanya membagikan kisah mereka dalam Ngabuburit Seru with IUP Psychology, talkshow interaktif seputar dunia perkuliahan pada Selasa (12/03/2024) via Instagram Live. How to Survive As Double Degree Students (UNAIR-QUT)? menjadi topik yang dipandu koordinator  IUP Psikologi Pramesti Pradna Paramita MEd Psych PhD Psikolog.

Zahra menceritakan, ada banyak perbedaan budaya belajar di Indonesia dan Australia. Salah satunya soal peran aktif mahasiswa yang sangat didorong dalam budaya pendidikan di sana. 

“Di QUT, kita didorong untuk lebih aktif berdiskusi dan berani bertanya,” tuturnya. 

Adaptasi dengan cuaca dingin dan sistem transportasi publik di Australia juga menjadi tantangan tersendiri. Qay menambahkan bahwa di QUT, terdapat kelas workshop yang fokus pada engagement antara dosen dan mahasiswa.

“Tugasnya pun berbeda. Di mana kita harus memahami materi secara penuh sebelum mengikuti kelas,” ungkapnya.

 

Perbedaan IUP UNAIR dan QUT
Dalam skema IUP di UNAIR, mahasiswa mengambil 7-10 mata kuliah setiap semester. Sementara di QUT, terdapat dua pembagian kelas. Yaitu, ada kelas lecture dan tutorial. 

Zahra menjelaskan, kelas lecture di QUT mirip dengan kelas di IUP UNAIR. Biasanya dosen menyampaikan materi kepada seluruh mahasiswa di ruangan besar. Yang menjadi berbeda, di QUT mahasiswa didorong untuk lebih aktif berdiskusi dan berani bertanya.

“Sedangkan, kelas tutorial lebih fokus pada diskusi dan pemahaman materi. Kelasnya lebih kecil, maksimal 20 orang per kelas. Tiap kelas dipimpin oleh tutor yang berbeda,” imbuh Zahra.

 

Kiat Sukses Kuliah Double Degree 
Menurut Zahra dan Qay, tips sukses jalani kuliah double degree adalah banyak mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik. Banyak membaca dan membuka informasi program double degree di universitas tujuan. Penting pula untuk berani berinteraksi di kelas. Dan, aktif untuk bertanya kepada dosen atau teman di kelas.

“Banyak persiapan dan cari informasi agar prepare. Cari tahu tentang program double degree di Universitas QUT dan kehidupan di Australia,” ujar Zahra.

“Di QUT, mahasiswa didorong untuk aktif dan berani berpendapat,” imbuhnya.

Menambahkan pernyataan Zahra, Qay menekankan pentingnya rasa percaya diri dan mengetahui apa yang diinginkan. Mengingat, di QUT terdapat banyak pilihan mata kuliah, baik psikologi maupun mata kuliah lain yang tidak ada di UNAIR. Selain itu, manfaatkan kesempatan itu untuk mempelajari hal yang baru dan meraih kesuksesan.

“Percaya diri pada kemampuan diri dan pilihlah mata kuliah yang sesuai dengan minat dan bakatmu,” pesannya. 

 

Penulis: Hana Mufidatuz Zuhrah

Editor: Feri Fenoria

Sumber : unair.ac.id/cerita-mahasiswa-psikologi-sukses-jalani-double-degree-di-qut-australia

Tags :