DPKKA Ajak Mahasiswa Perbesar Peluang Karir Melalui Linkedin Wednesday, 03 April 2024 14:58

UNAIR NEWS – Di era digitalisasi, hampir semua sektor kehidupan dapat diakses dengan mudah melalui gawai. Bahkan, peluang kerja bisa dicari hanya dengan berselancar lewat platform digital, seperti Linkedin. Namun, bagi sebagian orang yang tidak familiar dengan Linkedin, hal ini justru menjadi penghambat.

Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga menyelenggarakan webinar bertajuk “Linkedin as a tool for your career success”.Acara ini diselenggarakan pada Kamis (14/3/2024) melalui Zoom meeting. Hadir sebagai narasumber Lanny Wijaya, seorang senior learning solutions specialist di Linkedin.

 

Kenali Linkedin Sebelum Branding Diri

Lanny mengatakan, sebelum memulai branding diri melalui Linkedin, pengguna wajib mengetahui tools dasar agar bisa dimanfaatkan dengan tepat tools sesuai kebutuhannya. Seperti, tools headline, ringkasan, skills, dan lain-lain. Menurutnya, Linkedin pada dasarnya tidak hanya sebagai wadah untuk mencari peluang karir semata, melainkan informasi seputar magang pelatihan hingga lomba. “Jadi Linkedin tidak hanya diperuntukkan bagi para pencari kerja saja. Mahasiswa dapat mulai mengembangkan karirnya lewat Linkedin,” ungkap Lanny.

 

Your Network is Your ‘Net Worth’
Bagi Lanny, jejaring sosial menjadi langkah penting dalam berkarir. Dalam hal ini Linkedin dapat berperan besar untuk mengembangkan jejaring sosial jika dikembangkan dengan baik. Maka dari itu, penting untuk seseorang menemukan minat kerjanya untuk menjaring orang-orang yang tepat. 

Ia mengimbau kepada mahasiswa untuk menggunakan Linkedin sebagai sarana branding diri dalam meninggalkan rekam jejak yang baik sebelum memulai karir profesional. “Kalian bisa mulai dengan mencantumkan pengalaman magang, prestasi, hingga organisasi di Linkedin sebagai langkah awal branding diri,” paparnya. 

 

Penulis: Afifah Alfina

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/dpkka-ajak-mahasiswa-perbesar-peluang-karir-melalui-linkedin

 

Tags :